7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

Ilustrasi. 7 perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP-freepik-

3. Masa pakai

Perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP selanjutnya soal masa penggunaan. Layar AMOLED dibuat dengan senyawa organik untuk elektromuninesensi, yang artinya cenderung memudar dalam waktu yang lama.

Piksel merah dan hijau di AMOLED berumur lebih awet dibanding piksel biru. Jika salah satu piksel memudar, tentu akan membuat perubahan warna yang signifikan di layar smartphone.

Di sisi lain, untuk layar IPS dikenal lebih awet untuk masa penggunaannya. Hal ini berkat kristal cair di panel IPS yang membuatnya lebih awet.

Meski begitu, keunggulan antara layar IPS dan AMOLED untuk hal ini tergantung lagi dari si pengguna. Contohnya jika tidak dirawat dan sering menggunakan tingkat kecerahan tinggi, tentu HP jadi cepat panas dan layarnya juga rentan rusak.

BACA JUGA : Turun Jelang Lebaran, Ini Harga Terbaru Redmi Note 11 Pro 5G Layar AMOLED dengan RAM 8 GB

4. Rasio kontras

Untuk rasio kontras lebih unggul mana layar IPS dan AMOLED sebenarnya kembali lagi dengan selera pengguna. Panel AMOLED rasio kontrasnya cenderung lebih tinggi dibanding IPS. 

Hal ini karena warna hitam di layar AMOLED termasuk piksel yang tidak digunakan dan tidak menunjukan adanya cahaya. Hal inilah yang membuat AMOLED lebih natural dibanding IPS.

Sementara warna putih di layar AMOLED juga lebih natural dibanding IPS. Hal ini dikarenakan sejumlah panel IPS bisa memberikan warna putih yang agak biru karena latar cahaya.

5. Pengonsumsian daya

Perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP lainnya soal efisiensi energi keduanya. AMOLED dikenal lebih hemat dibanding IPS, sebab warna hitam yang disebutkan tadi tidak banyak makan daya.

BACA JUGA : Layar AMOLED dan IPS, Mana yang Kualitasnya Lebih Bagus? Begini Perbedaanya dan Penjelasan Selengkapnya

Namun, kembali lagi ke pengguna masing-masing dalam menggunakan smartphonenya. Untuk perkiraan perhitungan watt, gambar dengan dominan warna putih atau cerah mengonsumsi 0,7 watt dibanding hitam atau gelap hanya 0,3 watt.

Sementara pada jenis layar IPS daya konsumsinya sebesar 0,35 watt secara konstan. Inilah alasan yang membuat baterai ponsel cenderung cepat habis. 

Sumber: