7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

Ilustrasi. 7 perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP-freepik-

6. Visibilitas dan kecerahan

Bedanya layar HP IPS dan AMOLED berikutnya dari segi visibilitas di luar ruangan dan tingkat kecerahannya. Kedua jenis layar ini sama-sama memberikan warna cerah baik indoor atau kondisi pencahayaan yang normal.

Sementara jika di luar ruangan dan di kondisi pencahayaan cerah, visibilitas IPS lebih baik dibanding AMOLED. Sebab AMOLED tidak menggunakan lampu latar karena cahaya berasal dari dioda organik itu sendiri.

BACA JUGA : Spesifikasi POCO M6 Pro Semakin Terbaik dengan Bodi Tahan Percikan AIR Layar AMOLED Harga Rp2 Jutaan

Namun, produsen AMOLED untuk HP kelas atas sudah melakukan pembaruan soal masalah kecerahan ini. Contohnya dengan mengurangi celah antara lapisan layar untuk meningkatkan opacity serta memberikan lapisan khusus untuk mengurangi refleksitifitas dari luar.

7. Biaya produksi

Terakhir, perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP dari segi biaya produksi. Untuk AMOLED cenderung lebih mahal dibanding IPS, karena menggunakan teknologi yang jauh lebih baik.

Terlebih bahan pembuatan AMOLED juga harganya cukup mahal. Sementara IPS memang biaya produksinya tidak semahal AMOLED, naun biaya pengembangannya lebih mahal karena menggunakan panel TFT LCD yang disebutkan pada poin pertama tadi.

Penutup

Jika Anda bertanya, mana lebih unggul antara layar IPS dan AMOLED sebenarnya tergantung kebutuhan. Jika Anda mencari kualitas layar untuk sekedar hiburan maka bisa gunakan AMOLED.

BACA JUGA : Spesifikasi Samsung Galaxy A35 5G, Desain Elegan dan Ergonomis dengan Layar AMOLED yang Memukau

Namun, jika mencari visibilitas yang baik di segala kondisi pencahayaan maka bisa pilih IPS. Untuk tingkat smartphone, kini sudah banyak kelas mid-range dan flagship menggunakan AMOLED.

Sementara IPS masih banyak digunakan di kelas smartphone entry level. Demikian perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP. (*)

Sumber: