7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

7 Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di HP, Siapa Punya Daya Tahan yang Kuat?

Ilustrasi. 7 perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini mengulas perbandingan antara layar IPS dan AMOLED di HP. Perbedaan keduanya cukup signifikan dan beragam, mulai dari ketahanannya bahkan sampai harganya.

Perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP ini juga jadi salah satu perbincangan hangat konsumen. Terutama untuk keluaran smartphone terbaru saat ini yang banyak menggunakan kedua jenis layar tersebut.

Sebelum Anda membeli ponsel baru, penting untuk Anda tahu perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP. Apalagi jika smartphone yang dibeli akan Anda gunakan untuk jangka panjang.

Selengkapnya di bawah 7 perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP. Pastikan Anda menyimaknya sampai akhir.

7 perbandingan layar IPS dan AMOLED di HP

Perbedaan layar HP IPS vs AMOLED cukup banyak, sehingga penting untuk Anda tahu agar bisa memenuhi sesuai kebutuhan. Berikut diantaranya.

BACA JUGA : Punya Baterai 5000 mAh, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G Harga Rp3 Jutaan Layar Super AMOLED

1. Cara kerja

AMOLED ini merupakan jenis layar dengan teknologi matriks aktif, sehingga bisa mengatur tiap piksel satu persatu, dengan Thin Film Transistor atau TFT. Hal ini yang membuat tiap piksel hidup atau mati secara independen sesuai kontrol pengguna.

Sementara layar IPS merupakan jenis layar LCD dengan teknologi In Panel Switching yang menggunakan kristal cair dalam menampilkan gambar. Jenis layar ini bisa dikatakan penerus dari LCD yang sudah berkembang lebih baik.

2. Produksi warna

Perbedaan jenis layar IPS dan AMOLED berikutnya dari sisi produksi warna. Untuk AMOLED bisa memancarkan warna hitam lebih banyak, sehingga kontrasnya juga tinggi, cerah, dan jelas.

Untuk layar IPS tidak sedetail AMOLED, namun tergantung lagi dengan pabrikan dan juga spesifikasi hardware yang digunakannya. Di sisi lain, keduanya sama-sama bisa memberikan kedalaman warna RGB 16-bit sampai 32-bit, sehingga warna yang dihasilkan cukup banyak sampai miliaran warna.

BACA JUGA : Inilah Spesifikasi Vivo V29 5G Harga Rp5 Jutaan Layar AMOLED Chipset Snapdragon 778G

Sumber: