Layar AMOLED dan IPS, Mana yang Kualitasnya Lebih Bagus? Begini Perbedaanya dan Penjelasan Selengkapnya

Layar AMOLED dan IPS, Mana yang Kualitasnya Lebih Bagus? Begini Perbedaanya dan Penjelasan Selengkapnya

PONSEL- Perbedaan Layar AMOLED dan Layar IPS--

RADAR TEGAL - Saat ini sudah banyak smartphone kelas mid range yang menggunakan layar AMOLED. Namun masih ada sebagian smartphone yang menggunakan layar IPS, lantas mana yang lebih bagus antara layar AMOLED dan IPS?

Simak penjelasan lengkapnya di artikel tentang layar AMOLED dan IPS ini ya. Pengggunaan layar IPS biasanya ada pada kelas entry level, layar ini diminati oleh beberapa orang dan diklaim lebih tahan lama.

Namun sebagian orang juga beropini layar AMOLED dan IPS kualitasnya lebih unggul layar AMOLED. Penggunaan layar AMOLED dipilih produsen smartphone dengan tujuan kepuasan dan kenyamanan penggunannya.

Setiap orang bisa menilai sesuai dengan apa yang dirasakannya, namun apakah benar layar AMOLED dan IPS yang paling bagus kualitasnya adalah Layar AMOLED?. Berikut ulasan mengenai perbedaan dan pembahasanya lengkapnya.

BACA JUGA: Alami Masalah Garis Hijau Pada Layar Ponsel? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasinya

Perbedaan layar AMOLED dan IPS

1. Prinsip Kerja

Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) adalah layar yang dibuat dengan peningkatan dan penyempurnaan dari teknologi OLED. Teknologi yang digunakan layar ini adalah matriks aktif yang mampu mengatur pixel secara satu per satu.

Layar jenis ini menggunakan Thin-Film Transistor (TFT) yang fungsinya mengatur setiap pixel tersebut. Dengan adanya TFT setiap pixel dapat menyala atau mati secara ootomatis bergantung pada kontrol penggunannya.

Sedangkan Layar IPS merupakan jenis layar LCD yang menggunakan sistem In-Panel Switching berteknologi kristal cair yang berfungsi menampilkan gambar. Layar IPS merupakan layar penerus LCD yang telah mengalami peningkatan dan penyempurnaan.

BACA JUGA: Layar Super AMOLED, Inilah Spesifikasi POCO M5s Harga Rp1 Jutaan Ramah di Budget

2. Produksi Warna

Warna yang diproduksi layar AMOLED hitam dan dalam jumlah banyak, sehingga warna yang dihasilkan memiliki kontras yang tinggi. Hal ini membuat warna yang ditampilkan nampak lebih cerah dan jelas.

Sedangkan warna yang dihasilkan layar IPS tidak se-menyala Layar AMOLED. Meskipun demikian, semua tergantung dengan pabrikan dan spesifikasi hardwere yang dipakai.

Sumber: