Singgung Salat dan Zakat, Ceramah Pendeta Gilbert Lumoindong Viral: Sebetulnya Itu sebagai Autokritik

Singgung Salat dan Zakat, Ceramah Pendeta Gilbert Lumoindong Viral: Sebetulnya Itu sebagai Autokritik

MINTA MAAF- Pendeta Gilbert Lumoindong meminta maaf kepada masyarakat Indonesia usai bertemu Ketua Dewan Masjid Indonesia sekaligus Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 15 April 2024.-tangkapan layar-Radartegal.disway.id

"Tetapi karena jemaat kita ada dua; ada jemaat gereja, ada jemaat online. Jadi otomatis ada di YouTube kami. Tetapi itu jelas ada tulisan ibadah Minggu. Jadi karena itu sama sekali tidak dimaksudkan untuk umum," ujar Gilbert.

Sementara itu, JK meminta seluruh masyarakat memaafkan Pendeta Gilbert Lumoindong dan mendinginkan situasi agar tak terjadi konflik yang berkepanjangan.

JK berharap umat muslim tak menilai ceramah tersebut hanya berdasarkan potongan video yang beredar. Ia menyebut ada upaya editing terhadap video ceramah tersebut hingga menyebabkan kegaduhan.

"Jadi bagi seluruh umat Islam yang sudah melihat video itu, jangan dilihat video itu sebagai, hanya itu saja. Tapi sebenarnya itu ada latar belakangnya, dan ada editan yang kalau itu cukup berbahaya," ucap JK.

"Mari kita memaafkan karena tadi sudah minta maaf," sambungnya lagi. (*)

Sumber: