Penting! Ini Bahaya Microsleep yang Disebut Jadi Penyebab Sopir Bus Rosalia Indah Alami Kecelakaan

Penting! Ini Bahaya Microsleep yang Disebut Jadi Penyebab Sopir Bus Rosalia Indah Alami Kecelakaan

MICROSLEEP- Bahaya microsleep salah satunya bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa seperti pada kasus bus Rosalia Indah di Tol Batang, Kamis 11 April 2024.-tangkapan layar-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kecelakaan tunggal bus Rosalia Indah yang menewaskan 7 orang penumpang disebut karena sang sopir mengalami microsleep. Sebenarnya apa sih bahaya microsleep?

Sebagai pengendara mobil maupun motor, bahaya microsleep harus benar-benar dipahami. Karena ini selalu menjadi masalah yang kerap menjadi pemicu kecelakaan baik saat mudik Lebaran maupun momen lainnya.

Karena, tidak hanya kendala teknis kendaraan, hal lain yang dapat memicu masalah ketika mudik Lebaran juga bisa berasal dari diri pengemudi mobil yang mengalami microsleep. Karenanya kenali bahaya microsleep agar bisa mengantisipasinya lebih awal.

Bahaya microsleep tentunya tidak bisa dianggap remeh karena bisa memicu kecelakaan yang berujung kematian. Hal ini bisa ditandai dengan berkurangnya konsentrasi, kurang fokus, terdistraksi serta microsleep dapat menjadi penyebab timbulnya masalah di jalan.

BACA JUGA: Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Warung di Pantura Tegal, 2 Orang Luka-luka

Istilah microsleep sendiri merupakan kondisi hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Penjelasan tersebut terasa wajar, tetapi akan jadi malapetaka ketika microsleep menimpa Anda yang sedang mengemudi.

Umumnya, microsleep umumnya hanya berlangsung sekejap, antara sepersekian detik sampai 10 detik saja. Namun, serangan microsleep bisa bertambah durasinya menjadi lebih lama saat Anda benar-benar memasuki fase tidur.

Tentunya bahaya microsleep wajib dihindari saat mengemudi. Karenanya, di momen mudik Lebaran ini, perlu pengetahuan tentang microsleep. 

Apabila bahaya microsleep diabaikan dan dianggap remeh, bisa-bisa momen Lebaran yang seharusnya sukacita di kampung halaman berubah jadi dukacita. 

BACA JUGA: BREAKING NEWS! 7 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Bus Rosalia Indah Masuk Parit di Tol Pemalang-Batang

Untuk mengantisipasi bahaya microsleep, tentunya kita perlu tahu apa yang menyebabkan microsleep bisa terjadi selain kurang tidur? Terdapat beberapa penyebab lainnya. 

Di antaranya adalah penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, depresi, efek samping obat, serta efek samping narkoba atau alkohol.

Untuk terhindar dari bahaya microsleep saat berkendara, pastikan tidak memaksakan diri saat kondisi tubuh tidak memungkinkan karena kurang istirahat. Alihkan rasa kantuk tersebut dengan mendengarkan musik yang Anda sukai.

Namun, langkah yang tepat adalah menepi dan cari tempat berhenti lalu istirahat tidur. Namun di tengah kepadatan arus mudik, pastikan Anda berhenti di tempat aman seperti rest area, pom bensin, kantor polisi, tempat ibadah, minimarket atau area publik lainnya.

Sumber: detik.com