11 Makanan Lezat Khas Tegal yang Terkenal Selain Sate Kambing Muda, Wajib Dicoba saat Mampir

11 Makanan Lezat Khas Tegal yang Terkenal Selain Sate Kambing Muda, Wajib Dicoba saat Mampir

--

3. Blendung

Berbahan dasar jagung, blendung juga menjadi salah satu makanan khas Tegal yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Makanan khas Tegal ini dibuat dari jagung yang direbus, kemudian kemudian disajikan bersama parutan kelapa.

4. Sate Blengong

Kota Tegal juga terkenal dengan makanan khas berupa sate. Namun apa kamu tahu bahwa ada makanan sate blengong?

Kuliner Tegal ini biasanya disantap bersama kupat glabed sebagai lauknya. Sate blengong ini adalah olahan sate yang berbahan dasar daging hewan hasil persilangan bebek dan mentok.

Sebelum dibakar, biasanya sate blegong ini akan dibumbui dengan bumbu oles pedas. Tekstur sate yang agak kenyal berpadu dengan kuah kental kupat glabed, membuat sajian makin istimewa.

BACA JUGA: Sate Blengong Brebes Resmi Jadi Kuliner Warisan Budaya, Menu Unik yang Kini Kerap Diincar Pejabat

5. Glotak

Glotak adalah makanan berbahan utama gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa lezat. Sebutan glotak berasal dari suara “glotak-glotak” saat proses memasak.

Glotak biasanya ditambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih sedap. Dapat pula ditambahkan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya.

6. Nasi Lengko

Nasi panas yang sudah ditata di atas piring kemudian diberi tambahan topping, seperti potongan tahu, tauge, tempe dan mentimun. Selanjutnya, disiram dengan bumbu kacang dan diberi kerupuk kuning sebagai pelengkap.

Bumbu kacang yang digunakan dalam nasi lengko sangatlah khas karena lebih kental dan terasa pedas ketika dikecap.

BACA JUGA: 3 Resep Makanan Khas Tegal yang Bikin Ketagihan

7. Ponggol

Sumber: