11 Makanan Lezat Khas Tegal yang Terkenal Selain Sate Kambing Muda, Wajib Dicoba saat Mampir

11 Makanan Lezat Khas Tegal yang Terkenal Selain Sate Kambing Muda, Wajib Dicoba saat Mampir

--

RADAR TEGAL - Terkenal dengan warteg dan kuliner sate kambing mudanya, Tegal juga kaya akan menu kuliner. Ada banyak makanan lezat khas Tegal yang wajib kita cicipi saat singgah di sini.

Beberapa makanan lezat khas Tegal ini hampir sama dengan Brebes. Ya, karena Tegal dan Brebes jaraknya berdekatan dan banyak makanan yang sama tetapi memiliki cita rasa khas yang berbeda.

Bagi kamu yang berada di luar Tegal wajib banget untuk mencoba beberapa makanan lezat khas Tegal apabila berkunjung. Sejumlah makanan khas Tegal ini mudah untuk dijumpai di sekitaran jalan wilayah Tegal.

Harga untuk makanan lezat khas Tegal ini tidak menguras isi kantong kamu. Bahkan dengan harga Rp5.000 saja kamu bisa mencicipinya. Berikut beberapa menu lezat khas Tegal, yang wajib kamu coba.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Tegal yang Wajib Dicoba Pelancong, Awas Rasanya Bikin Ketagihan

Makanan lezat khas Tegal selain sate kambing muda

1. Kupat Glabed

Kupat glabed adalah salah satu makanan khas Tegal yang tak boleh kamu lewatkan.  Selain memiliki nama yang unik, makanan ini hanya bisa ditemui di Tegal.

Seporsi kupat glabed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal, serta kerupuk mie kuning dan siraman kuah santan kental di atasnya. Biasanya, kupat glabed juga akan disajikan dengan telur rebus, daging ayam atau aneka ragam sate seperti sate ayam, sate kikil, atau sate kerang.

Rasa kupat glabed yang gurih berpadu dengan sate-satean akan membuat kenyang dan tentunya nagih dong!

2. Rujak Teplak

Rujak ini merupakan olahan dari berbagai sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun papaya, dan sayuran lainnya. Ciri makanan khas Tegal ini yaitu tambahan sambal gaul.

Sambal gaul ini merupakan olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Keunikan rasanya menjadikan rujak teplak ini makanan khas Tegal yang akan terus dikenang akan kelezatan rasanya.

BACA JUGA: Rujak Teplak Tegal dan Slawi Sangat Unik, Ada Ciri Khasnya yang Bikin Susah Lupa

Sumber: