6 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Sering Dilakukan, Apakah Anda Termasuk?

6 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Sering Dilakukan, Apakah Anda Termasuk?

Ilustrasi. 6 tradisi Lebaran di Indonesia-freepik-

Bahkan, saking tidak terlepasnya menu ini dari momen Lebaran, banyak pamflet Idul Fitri yang pasti mengaitkannya dengan gambar ketupat. Terlebih lagi ucapan-ucapan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. 

3. THR

Momen Lebaran yang paling identik juga yaitu bagi-bagi uang THR atau Tunjangan Hari Raya. Biasanya THR ini diberikan oleh sebagian perusahaan kepada para karyawannya.

Tidak hanya berbentuk uang, bisa saja THR diberikan berupa barang berharga, bahan pokok, dan lainnya yang memang bermanfaat. Selain orang kantoran, bagi-bagi THR ini juga sering diberikan kepada kerabat, teman, maupun keluarga terutama anak-anak.

4. Takbiran 

Tradisi Lebaran di Indonesia yang tidak kalah menyenangkan yaitu Takbiran. Takbir yang berkumandang jadi pertanda kemenangan setelah berhasil menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

BACA JUGA : Jelang Lebaran Butuh Uang Tambahan? Unduh 6 Aplikasi Penghasil Uang Termudah 2024 Sekarang Juga

Biasanya orang-orang akan turun ke jalan dengan jalan kaki sambil membawa obor. Mereka akan mengumandangkan takbir di tiap masjid mulai dari malam sebelum Idul Fitri dan sampai hari esoknya. 

5. Silahturahmi

Kegiatan yang biasa dilakukan saat Idul Fitri tentunya tidak terlepas dari menjalin silahturahmi antar sesama. Entah itu dengan keluarga maupun teman, terutama para orang tua.

Biasanya masyarakat akan saling mengunjungi tetangga untuk silahturahmi sekedar mengobrol atau makan bersama. Satu sama lain akan sama-sama mengucapkan mohon maaf lahir batin ketika bersilahturahmi saat momen Idul Fitri yang suci ini.

6. Ziarah ke kuburan

Ziarah ke kuburan juga sering terjadi pada momen perayaan Idul Fitri. Tidak hanya silahturahmi dengan orang-orang yang masih ada, namun umat Muslim juga akan mengirimkan doa kepada kerabat atau keluarganya yang sudah meninggal.

BACA JUGA : Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Sampai Setengah Bulan

Ziarah ini memang bisa dilakukan kapan saja, namun momen Lebaran memang paling ramai dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ini juga sudah menjadi tradisi sejak lama di Indonesia.

Sumber: