Ungkap Makna Idulfitri, Begini Kata Ketua DPRD Kabupaten Tegal

Ungkap Makna Idulfitri, Begini Kata Ketua DPRD Kabupaten Tegal

Ketua DPRD Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Ketua DPRD Kabupaten Tegal Moh. Faiq menyampaikan beberapa makna yang terkandung di dalam perayaan Idulfitri. Menurutnya, Idulfitri mengandung makna kembali kepada fitrah manusia, yakni suci dan bersih.

"Makna pertama Idulfitri adalah kembali kepada fitrah manusia. Yakni, suci dan bersih seperti baru dilahirkan," kata Ketua DPRD Kabupaten Tegal itu.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Idulfitri juga mengandung makna sebagai hari kemenangan. Karena, selama sebulan penuh berjuang melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan.

"Puasa Ramadhan merupakan latihan spiritual untuk mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Keberhasilan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan itu, maka umat Islam telah meraih kemenangan,” ujarnya.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kabupaten Tegal Hadiri Pelantikan 49 Kepala Desa Pilkades Serentak

Karenanya, kata Faiq, wajar jika umat muslim menyambut hari raya itu penuh dengan kegembiraan dan suka cita. Apalagi, dibarengi dengan saling bersilaturahim, berbagi dan saling bermaafan.

Di momen lebaran itu juga, kata Faiq, merupakan saat untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama, utamanya bagi mereka yang kurang beruntung. Sehingga, umat Islam diperintahkan untuk menunaikan zakat fitrah serta dianjurkan untuk bersedekah kepada yang membutuhkan.

"Dengan begitu, harapannya dapat membantu meringankan beban mereka. Serta sebagai wujud untuk meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan," pungkasnya.

Demikian makna tentang Idulfitri menurut Ketua DPRD Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: