Emang Ngangenin, Ini 10 Makanan Khas Lebaran di Indonesia, Ada yang Sudah Jadi Icon

Emang Ngangenin, Ini 10 Makanan Khas Lebaran di Indonesia, Ada yang Sudah Jadi Icon

--

RADAR TEGALTidak hanya sebagai momen untuk bersilaturahmi, Lebaran juga identik dengan hidangan lezat yang menjadi bagian dari tradisi tahunan. Makanan khas lebaran selalu mewarnai kehangatan yang diciptakan saat kumpul bersama sanak keluarga dan kerabat.

Setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki makanan khas lebaran yang berbeda-beda. Hal itu, dikarenakan tiap daerah memiliki cita rasa khas yang berbeda.

Lantas, apa saja makanan khas lebaran yang selalu dinanti kehadirannya? Berikut ulasannya. Jangan lupa untuk menyimak sampai habis ya.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Termasuk Mie Instan, Jadikan Tubuh Rasakan Ini Saat Puasa

Makanan Saat Lebaran

1. Ketupat

Makanan lebaran yang pertama dan tak bisa di skip yaitu ketupat. Tak bisa dipungkiri, ikon kuliner yang sangat identik dengan lebaran di Indonesia yaitu Ketupat.

Saking populernya makanan khas satu ini, ketupat bahkan menjadi bagian dari ornamen dekorasi hari Lebaran yang sangat populer.

Ketupat yang berbahan dasar beras lalu dibungkus dengan daun kelapa muda. Kemudian, di anyam berisikan beras dan direbus hingga berubah menjadi padat.

Menariknya, ternyata ketupat bukan hanya populer di Indonesia aja loh. Negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Singapura ternyata juga memiliki tradisi ketupat saat lebaran. 

BACA JUGA: Jenis Makanan yang Dihindari saat Sahur Supaya Puasa Lancar Hingga Beduk Maghrib

2. Opor Ayam

Kemudian Makanan khas lebaran yang kedua opor ayam, pelengkap kupat. Opor ayam sering disajikan dengan ketupat. Bahan utama makanan ini biasaya daging ayam kampung, boleh juga menggunakan daging ayam biasa.

Opor ayam di masak menggunakan santan kelapa yang di parut dan di peras, lalu di lengkapi dengan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih, pasti sulit buat kamu menolak godaan makanan yang satu ini.

Sumber: