Percaya atau Tidak? Ini 3 Kepercayaan Mitos Masyarakat di Tegal yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Kesialan

Percaya atau Tidak? Ini 3 Kepercayaan Mitos Masyarakat di Tegal yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Kesialan

SUGESTI - Kepercayaan Mitos Masyarakat Tegal--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Setiap daerah pasti memiliki mitos yang berkembang dan dipercaya oleh masyarakatnya, begitupun dengan Tegal. Berdasarkan hal itu, artikel ini akan membahas mengenai kepercayaan mitos masyarakat Tegal yang sudah berkembang sejak dulu.

Pengertian dari mitos sendiri adalah kerap dikatakan sebagai sesuatu yang berlawanan dengan fakta, suatu hal yang dipercaya memiliki suatu kisah dari masa lalu. Kepercayaan mitos masyarakat Tegal pun tidak luput dari latar belakangnya, serta masih sangat banyak yang mempercayai.

Kerap kali orang yang percaya akan suatu mitos, kemudian melakukan atau melanggar mitos tersebut maka akan mendapatkan akibatnya. Hal ini pun terjadi akan kepercayaan mitos masyarakat Tegal, siapa yang melakukan atau melanggar maka akan mendapatkan dampak dari mitos tersebut sesuai dengan apa dipercayainya.

BACA JUGA: Mitos Asal-usul Desa KedokanSayang di Tegal, Antara Cerita Pilu Pertarungan Gendowor dan Sumpah Wali

Sebab hal itu berkaitan erat dengan sugesti yang kita miliki, apabila percaya akan terjadi maka hal itu akan terjadi. Itulah pun yang terjadi jika memliki sugesti terhadap kepercayaan mitos masyarakat Tegal, lebih detail ada apa saja mitos yang berkembang di masyarakat Tegal dapat Anda simak melalui artikel ini.

Mitos yang berkembang di masyarakat Tegal

1. Mitos Brug Abang

Dahulu kala dipercaya bahwa pernah terjadinya pembantaian terhadap sekelompok tokoh yang dilakukan oleh seorang algojo yang dikenal dengan nama Kutil. Sebabnya kejadian itu kerap disebut dengan tragedi kutil.

Eksekusi yang dilakukan oleh Kutil saat itu terjadi atau dilaksanakan di Brug Abang Tegal pada tahun 1945. Eksekusi inilah yang menyababkan terciptanya keangkeran atau hal-hal mistis di Brug Abang Tegal.

BACA JUGA: 13 Mitos Budaya Jawa yang Paling Banyak Beredar di Masyarakat, Ada yang Jadi Pantangan Anak Gadis

Di mana apabila ada hal mistis di sutu tempat maka tidak lupa dengan kesialan atau dampak buruk yang mengikuti tempat ini yaitu Brug Abang Tegal. Di mana terdapat beberapa kepercayaan mitos di Brug Abang Tegal yang telah berkembang sejak dulu.

Diantaranya yaitu apabila ada sepasang pengantin baru yang berani menginjakan kaki mereka di Brug Abang Tegal, maka akan terjadi kesialan pada hubungan yang mereka miliki. Itulah mengapa pasangan yang mempercayai mitos ini maka tidak akan menginjakkan kaki mereka di Brug Abang Tegal.

Sebab dari kepercayaan mitos masyarakat Tegal, banyak dari pasangan yang menikah akan digendong oleh kerabat mereka. Hal ini pun tetap berlaku apabila mereka mengendarai suatu kendaraan, layaknya mobil.

BACA JUGA:6 Mitos Jawa yang Terkenal, Nomor 5 Bisa Digondol Wewe Gombel, Ini di Balik Kisahnya!

Sumber: