Mitos Gunung Prau, dari Pocong Tidur sampai Berkumpulnya Dewa-dewa

Mitos Gunung Prau, dari Pocong Tidur sampai Berkumpulnya Dewa-dewa

INDAH - Di balik banyaknya mitos Gunung Prau yang berkembang, para pendaki sepakat puncaknya merupakan yang terindah di Asia. --explore gunung

radartegal.com - Kawasan Tinggi Dieng di Jawa Tengah, banyak mempunyai pegunungan dan perbukitan yang sarat cerita. Salah satunya mitos Gunung Prau, yang berketinggian sekitar 2.566 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Prau ini merupakan salah satu area pegunungan di Kabupaten Temanggung. Wilayah Gunung Prau ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tapi juga mitos yang kental dengan cerita-cerita misteri.

Sekadar informasi, trek pendakian di gunung ini sangat mudah, dibandingkan rangkaian pegunungan di sekitarnya seperti Sumbing daSindoro. Sehingga gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Hanya saja, sama dengan area-area pegunungan lainnya, Gunung Prau ini juga sarat mitos yang melatarbelakanginya. Walaupun begitu, banyak saja pendaki-pendaki yang sering datang untuk sekadar menikmati sunrise.

BACA JUGA: 4 Mitos Gunung Gede Pangrango yang Masih Dipercaya Warga, Pendaki Jangan Gegabah

BACA JUGA: 6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

Disebut juga Gunung Mayit

Selain karena kaindahannya, para pendaki juga penasaran dengan penyebutan Gunung Prau, yang dikenal juga dengan nama Gunung Mayit atau mayat. Penyebutan ini, karena bentuk Gunung Prau dari kejauhan menyerupai pocong yang sedang tidur.

Tetapi tahukan Anda jika ada pula cerita misteri yang kerap dikisahkan para pendaki? Konon kisah itu menceritakan bahwa Gunung Prau di kawasan Dieng ini merupakan tempat bersemayamnya para dewa-dewa.

Nah, nama Dieng sendiri konon diambil berdasarkan bahasa Kawi yang artinya gunung tempat berkumpul dewa. Ada sebuah kepercayaan bahwa titik kumpul para dewa-dewa tersebut berada di Candi Arjuno, kawasan Dieng.

Selain itu, ada juga cerita yang berkembang di masyarakat bahwa Gunung Prau ini menjadi gerbang untuk menuju kerajaan gaib.

BACA JUGA: Mitos Gunung Gajah di Pemalang, Konon Ada Kerajaan Siluman Binatang Terbesar dan Jelmaan Manusia Monyet

BACA JUGA: Masih Jadi Misteri yang Belum Terjawab, Ini 6 Mitos Gunung Gede Pangrango Jawa Barat

Hal tersebut dikaitkan dengan pohon-pohon yang seolah-olah membentuk kotak di Gunung Prau ini. Masyarakat biasa menyebutnya dengan Oyot Rimpang.

Mitos Gunung Prau

Berdasarkan cerita mitosnya, konon Oyot Rimpang tersebut mampu membawa seseorang ke alam lain. Ketika sudah berada di alam lain, konon orang tersebut tak akan bisa kembali lagi ke dunia alias dinyatakan meninggal dunia.

Sumber: