Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Mitos Nyi Roro Kidul-Tanti-

Mitos Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan

Dalam cerita rakyat Jawa, Nyi Roro Kidul dianggap sebagai ratu yang memerintah di wilayah Pantai Selatan Jawa. Konon, menurut salah satu versi cerita, Nyi Roro Kidul adalah putri dari Kerajaan Sunda yang diusir oleh ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Kisahnya menceritakan bagaimana Putri Kandita melarikan diri ke pantai selatan dan kemudian menjadi penguasa lautan dengan nama Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul sering digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik dengan pakaian berwarna hijau yang mempesona.

BACA JUGA: 6 Mitos Jawa yang Terkenal, Nomor 5 Bisa Digondol Wewe Gombel, Ini di Balik Kisahnya!

Ia dianggap memiliki kekuatan gaib dan sering dikaitkan dengan legenda-legenda tentang kehidupan di laut. Keberadaannya sering kali dihubungkan dengan kepercayaan masyarakat Jawa terhadap dunia gaib dan kekuatan alam.

Misalnya seperti ombak laut pantai Selatan yang tinggi, sering disebut sebagai kehendak dari Nyi Roro Kidul. AtauU Tsunami yang terjadi di Pantai Selatan disebut sebagai amukan Nyi Roro Kidul, tidak heran larangan baju hijau juga hadir karena ratu pantai selatan ini menyukai warna hijau.

Nah, itulah mitos Nyi Roro Kidul dan mitos pakai baju hijau di Pangandaran yang sampai kini masih banyak dipercaya masyrakat dan pengunjung. (*)

Sumber: