Percaya atau Tidak? Ini 3 Kepercayaan Mitos Masyarakat di Tegal yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Kesialan

Percaya atau Tidak? Ini 3 Kepercayaan Mitos Masyarakat di Tegal yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Kesialan

SUGESTI - Kepercayaan Mitos Masyarakat Tegal--(sumber foto pinterest)

Sementara mitos lain yang berkembang dan dipercaya di Brug Abang Tegal yaitu mitos buang ayam. Hal ini masih berkaitan dengan sepasang kekasih yang menikah dan mengharuskan mereka melewati jembatan merah Tegal.

Di mana mengharuskan bagi rombongan untuk membuang seekor ayam hidup di sungai bawah jembatan. Tujuannya supaya pasangan menikah terhindar dari malapetaka, karena itu ayam tersebut kerap disebut sebagai tumbal.

2. Mitos Potong Kuku

Kepercayaan mitos masyarakat Tegal yang sangat lekat dan masih banyak yang percaya diantaranya ada mitos potong kuku pada malam hari. Di mana apabila hal ini dilanggar maka orang yang melanggarnya akan mendapatkan kesialan, diantaranya seperti terluka.

BACA JUGA: 5 Mitos Jawa yang Menyeramkan dan Terkenal, Cek Fakta dan Kebenarannya di Sini

Sebab masih banyak yang percaya akan mitos tersebut, banyak orang pula yang tidak berani melakukan potong kuku pada malam hari. Pasalnya mereka takut mendapatkan kesialan seperti terluka.

Mitos satu ini memiliki latar belakang bahwa tentunya memang potong kuku pada malam hari saat itu dapat melukai seseorang yang melakukanya. Sebab seperti yang diketahui bahwa saat itu penerangan masih sangat sulit didapatkan.

Di mana dengan sulitnya penerangan sehingga membuat penglihatan yang buruk, tentu saja memotong kuku pada malam hari dapat melukai tangan seseorang yang melakukannya. Terlebih lagi saat itu alat pemotong kuku masih belum ada, di mana mereka menggunakan pisau atau silet. 

BACA JUGA: Melihat Kembali Mitos Jawa: Warisan Budaya yang Tetap Hidup dalam Masyarakat

3. Mitos Gugur Cinta

Masih seputar tentang hubungan asmara, ya banyak yang menaruh rasa percaya pada kepercayaan mitos masyarakat Tegal yang satu ini. Mitos tentang Guci atau Gugur Cinta.

Guci sendiri dikenal sebagai tempat wisata yang terletak di kabupaten Tegal. Bahwa apabila sepasang kekasih yang belum resmi menikah dan memberanikan diri berkunjung ke Guci dan melewati gerbang masuk.

Maka hubungan yang mereka jalani tidak akan berlangsung lama dan putus. Meski hubungan tetap berlangsung namun mereka akan alami banyak kesialan dalam hubungan yang mereka jalani.

BACA JUGA: Mitos atau Fakta! Jangan Sepelekan 5 Pertanda Ular yang Tiba-tiba Masuk Rumah

Itulah beberapa kepercayaan mitos masyarakat Tegal. Di mana lekat kaitannya suatu mitos dengan larangan-larangan dibandingkan dengan harus melakukan sesuatu. 

Sumber: