Buah Khas Ramadhan, Ini Dia 5 Manfaat Timun Suri untuk Berbuka Puasa Bagi Tubuh Kita

Buah Khas Ramadhan, Ini Dia 5 Manfaat Timun Suri untuk Berbuka Puasa Bagi Tubuh Kita

RAMADHAN- manfaat timun suri untuk berbuka puasa bagi tubuh kita--

RADAR TEGAL- Timun suri merupakan salah satu buah yang identik dengan bulan puasa. Di balik warnanya yang merupakan perpaduan kuning dan oranye, apa sebenarnya manfaat timun suri untuk berbuka puasa ya?

Buah yang memiliki bentuk yang lonjong mirip buah pepaya atau blewah ini memang banyak dikonsumsi saat bulan puasa. Selain segar, masyarakat Indonesia mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaat timun suri untuk berbuka puasa. 

Timun suri biasanya dicampur dengan sirup, susu, atau sebagai salah satu bahan untuk membuat es campur, sop buah dan olahan lainnya. Sensasi yang menyegarkan serta dapat menghilangkan rasa dahaga setelah puasa sehari penuh menjadi salah satu manfaat timun suri untuk berbuka puasa.

Lalu, apa saja manfaat suri untuk berbuka puasa lainnya ya? Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Menu Takjil Rendah Gula yang Menyehatkan untuk Berbuka Puasa Nanti, Ada Es Timun Suri

Timun suri yang juga dikenal dengan nama timun betik, bontenag suri, atau barteh, adalah tumbuhan semusim yang menghasilkan buah. Timun suri sudah seperti buah musiman yang hanya ada pada saat bulan puasa.

Beberapa manfaat timun suri untuk berbuka puasa ternyata bukan sekedar menyegarkan saja. Karena timun suri juga ternyata baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah risiko kanker. 

Mengutip buku Amazing Stories for Kids: Upaya Membentuk Karaker Positif tulisan Endang Fatmawati, timun suri mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, hingga triperenoid. Kita bisa mendapatkan manfaat timun suri untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsinya dalam kadar yang tepat.

Berikut 5 manfaat timun suri untuk berbuka puasa bagi tubuh kita. Simak baik-baik ya.

BACA JUGA: 5 Resep Takjil Sederhana Kekinian, Sehat untuk Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Manfaat timun suri untuk berbuka puasa

1. Melepaskan Dahaga

Manfaat timun suri untuk berbuka puasa bagi tubuh kita yang pertama yaitu melepaskan dahaga. Timun suri memiliki kandungan air yang begitu banyak. Di dalam timun suri terdapat Komposisi 95% air yang terkandung di dalamnya.

Dengan begitu, mengkonsumsi timun suri setiap hari pun tidak masalah karena melihat banyaknya manfaat yang kita dapat untuk tubuh. Kamu bisa mengolah timun suri menjadi es sirup timun suri, es timun suri dan es timun suri alpukat sebagai menu hidangan untuk berbuka Puasa.

Sumber: