Jenis Makanan yang Dihindari saat Sahur Supaya Puasa Lancar Hingga Beduk Maghrib

Jenis Makanan yang Dihindari saat Sahur Supaya Puasa Lancar Hingga Beduk Maghrib

SAUR - Dengan memperhatikan jenis makanan yang dihindari saat saur, Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan hikmat.--(foto: Freepik)

Lemak yang tinggi dalam gorengan justru bisa membuat lambung bekerja lebih berat dan memicu rasa mual atau kembung. Selain itu, gorengan juga umumnya minim nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berpuasa. 

Sebaiknya ganti dengan olahan makanan yang lebih sehat seperti dipanggang, dibakar, atau dikukus. Adapun makanan pedas, meski memiliki penggemar yang setia, sebaiknya dibatasi porsinya. 

Makanan pedas dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan, menimbulkan perih, mual, dan kembung, terutama saat perut kosong.

BACA JUGA: 5 Ide Menu Buka Puasa untuk Anak Kos yang Hemat dan Praktis Buatnya, Yuk Dicoba

Memilih Sayur dan Buah

Beberapa jenis sayur dan buah mengandung gas yang cukup tinggi, seperti kol, nangka, dan mangga muda. Gas dalam perut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kembung, begah, dan nyeri, yang tentunya akan mengganggu ibadah puasa. 

Namun, bukan berarti sayur dan buah harus dihindari sama sekali. Pilih jenis sayur dan buah yang lebih bersahabat dengan pencernaan, seperti bayam, buncis, papaya, dan pisang.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan jenis makanan yang dihindari saat saur, Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan hikmat. Fokuslah pada makanan yang bergizi seimbang, mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks, dan lemak baik. 

Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Dengan begitu, persiapan sahur yang tepat akan membawa semangat dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Rendah Lemak, Cocok Disiapkan Jelang Berbuka Hari Ini

Demikian informasi tentang makanan yang dihindari saat saur. Temukan banyak informasi tentang tips puasa di bulan Ramadhan lainnya, hanya di Radar Tegal Online. (*)

Sumber: