Jenis Makanan yang Dihindari saat Sahur Supaya Puasa Lancar Hingga Beduk Maghrib

Jenis Makanan yang Dihindari saat Sahur Supaya Puasa Lancar Hingga Beduk Maghrib

SAUR - Dengan memperhatikan jenis makanan yang dihindari saat saur, Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan hikmat.--(foto: Freepik)

RADAR TEGAL - Apa saja makanan yang dihindari saat saur? Sahur merupakan momen penting dalam menjalankan ibadah puasa, di mana kita mempersiapkan diri dengan makanan sebelum fajar. 

Menu sahur yang tepat sangat berpengaruh pada stamina dan konsentrasi kita selama berpuasa. Namun, terdapat beberapa jenis minuman dan makanan yang dihindari saat saur. 

Meskipun tidak dilarang secara agama, konsumsi makanan yang dihindari saat saur tertentu dapat memberikan dampak negatif pada tubuh selama berpuasa. Apa saja makanannya?

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami jenis makanan yang dihindari saat saur. Simak artikel berikut ini yang telah kami rangkum. Cek di bawah ini yaa guys!

BACA JUGA: 9 Adab Berbuka Puasa Sesuai Syariat Islam, Nomor 7 Kadang Diabaikan

Makanan Manis 

Kita mungkin tergoda untuk mengonsumsi makanan manis saat sahur dengan harapan bisa menambah energi. Namun, anggapan ini keliru. Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula seperti kue, permen, sereal manis, atau minuman bersoda justru akan berdampak sebaliknya. 

Lonjakan gula darah yang cepat akibat konsumsi gula tinggi akan diikuti dengan penurunan drastis yang membuat tubuh cepat lemas dan mudah lapar. Selain itu, minuman bersoda juga bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan pencernaan.

Jauhi Makanan Asin dan Berpengawet

Makanan yang dihindari saat saur berikutnya. Makanan olahan yang tinggi kandungan garam dan pengawet sebaiknya tidak masuk dalam menu sahur. Selain tidak menyehatkan, makanan asin justru bisa membuat kita cepat haus selama berpuasa. 

Tubuh akan berusaha mengeluarkan kelebihan natrium (garam) melalui urine, sehingga cairan tubuh pun ikut terbuang. Hal ini bisa memicu dehidrasi dan rasa lemas. Makanan berpengawet juga tidak dianjurkan karena kandungan kimianya yang bisa mengganggu kesehatan pencernaan.

BACA JUGA: Hampir 18 Jam, Ini 10 Negara dengan Durasi Puasa Paling Lama di Dunia

Makanan Berminyak dan Pedas

Meskipun menggugah selera, makanan yang dihindari saat ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Makanan berminyak memang mengenyangkan, namun efeknya tidak bertahan lama. 

Sumber: