Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

Amalan Bulan Ramadhan--

6. Memberi Makan Hewan

Islam sebagai agama kasih sayang bagi semua ciptaan Tuhan juga mengajarkan untuk berbuat baik tidak hanya pada sesama manusia, tetapi juga pada hewan.

Sehingga seorang muslim yang baik, terlebih di bulan Ramadhan adalah seorang muslim yang berbuat baik pada hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Seperti kucing liar yang mudah ditemui.

Maka memberinya makan adalah salah satu alternatif yang tepat. Baik itu makanan yang dibeli khusus untuk hewan, makanan sisa, atau menyisihkan sebagian porsi makanan untuk hewan tersebut.

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda,

“Pada suatu ketika ada seorang lelaki sedang berjalan dan ia merasa sangat kehausan, lalu dia turun ke sumur dan minum. Ketika dia keluar, ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidahnya menjilati tanah basah karena kehausan. Dia berkata, ‘Anjing ini kehausan seperti diriku.’ Maka dia mengisi sepatunya dan memegangnya dengan mulutnya, kemudian dia naik dan memberi minum anjing itu. Allah lalu membalasnya dan mengampuninya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah menolong binatang juga memperoleh pahala?”

Rasulullah menjawab, “Menolong setiap makhluk yang bernyawa itu ada nilai pahala (sebagai balasan atas perbuatan baik padanya).” (HR. Bukhari dan Muslim). 

7. Membeli Dagangan Orang yang Butuh

Di bulan Ramadhan, semua orang berhak bahagia. Sehingga membahagiakan orang lain yang sedang membutuhkan juga termasuk amalan baik.

Salah satu amalan baik yang mudah dan ringan itu adalah dengan membeli dagangan orang yang sedang membutuhkan, seperti penyandang difabel, pedagang yang berusia tua, fakir miskin, dan belanja di pasar tradisional.

Jikapun tidak butuh, bisa saja apa yang dibeli itu kemudian diberikan pada orang lain. Karena mereka yang sedang membutuhkan itu berjualan untuk mendapat keuntungan yang akan sangat bermanfaat untuk membeli kebutuhan sehari-harinya, membayar hutang, dan membiayai sekolah anak-anaknya. Itu jauh lebih baik daripada meminta-minta.

BACA JUGA: Bulan Ramadhan Ada Program Pelunasan Utang dari Pemerintah, Ini Syarat dan Ketentuannya

Demikian 7 amalan bulan Ramadhan yang dapat Anda lakukan untuk menambah pahala. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: