Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

Amalan Bulan Ramadhan--

Dalam sebuah hadis disebutkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR. Tirmidzi).

BACA JUGA: 7 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan, Puasa Lebih Produktif Bisa Hasilkan Uang Tambahan

Sementara di hadis yang lain, Rasulullah SAW juga bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi).

3. Bersedekah Rutin Setiap Hari

Bersedekah dalam bentuk materi tentu membutuhkan modal berupa uang atau barang yang bisa disedekahkan.

Namun, hal itu tetap bisa terlaksana walaupun dengan nominal yang tidak banyak, tetapi dilakukan dengan rutin setiap hari.

Dalam sebuah hadis disebutkan dari Abu Darda RA, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap pagi yang dilalui seseorang, ada dua malaikat yang turun, yang pertama berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.’ Sementara yang kedua berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Mendoakan Kebaikan Bagi Orang Lain

Dalam keseharian, seringkali manusia memiliki keinginan untuk berbuat baik pada orang lain, terlebih lagi yang pernah menolongnya. Namun, tidak semua orang mampu berbuat atau membalas kebaikan orang lain karena kondisi.

Maka mendoakan kebaikan untuk orang lain menjadi alternatif, baik mendoakan orang lain agar dibalas dengan kebaikan yang lebih, atau mendoakan ampunan untuknya. Lebih baik lagi jika doa itu tanpa sepengetahuan dari orang tersebut.

BACA JUGA: Unik! Intip 6 Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan di Berbagai Negara

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Tidaklah seorang muslim yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan untukmu juga kebaikan yang serupa". (HR. Muslim). 

5. Membelikan Makanan Berbuka Puasa

Seorang muslim yang baik adalah yang mengharapkan kebaikan pada seorang muslim lainnya sebagaimana dirinya mengharapkan mendapat kebaikan itu. Sehingga mentraktir atau membelikan makanan untuk berbuka puasa untuk seorang atau dua orang teman juga menjadi amalan mudah yang disarankan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Tirmizi)

Sumber: