3 Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Jebol, 775 Kepala Keluarga Kebanjiran

3 Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Jebol, 775 Kepala Keluarga Kebanjiran

Warga Desa Bojongsari saat dievakuasi dari banjir.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sedikitnya 3 tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes jebol, Rabu 6 Maret 2024. Tanggul yang jebol berada di wilayah Kecamatan Losari dan mengakibatkan ribuan rumah di sejumlah desa di Kecamatan Losari terendam banjir.

Data sementara yang disebutkan, ada 3 tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes yang jebol. Lokasinya berada di Desa Babakan, Desa Bojongsari dan Desa Karangsambung.

Camat Losari M. Faizin menyampaikan, banjir yang paling parah awalnya terjadi di Desa Bojongsari. Ini merupakan tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes yang jebol pertama, di Blok Bilawong, Dukuh Bentarsari, Desa Bojongsari.

“Tapi informasinya ada dua tanggul lagi yang jebol yakni di Desa Babakan dan Desa Karangsambung. Jadi, total ada tiga tanggul yang jebol,” ucapnya terkait tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes yang jebol.

BACA JUGA: Buntut Sungai Cisanggarung Meluap di Brebes, Satu Tanggul di Bojongsari Jebol

Saat ditanya terkait jumlah warga yang mengungsi, lanjutnya, saat ini menunda msih melakukan pendataan. Termasuk mencatat jumlah rumah yang terendam banjir akibat 3 tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes jebol.

“Kalau untuk warga yang mengungsi dan rumah yang terendam masih ada data kita. Tapi, kami telah menyiapkan posko untuk pengungsi yakni di Kantor Kecamatan dan SMP N 02 Losari,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Bojongsari Rudi Sugiarto mengatakan, ratusan rumah terendam. Baik di Dukuh Bantarsari ataupun di Dukuh Bojong 1 total sudah ada ratusan rumah yang terdampak banjir akibat tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes jebol.

“Kalau di dua pedukuhan saja kurang lebih ada ratusan rumah yang terendam banjir,” ucapnya.

BACA JUGA: BREAKINGNEWS! Sungai Cisanggarung Brebes Meluap, 8 Desa Tergenang Banjir Limpasan

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Babakan Cahyoto Imanudin membenarkan kalau ada tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol di desanya. Akibatnya, sebanyak 525 rumah di wilayahnya teredam banjir.

“Total ada 775 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Sebagian ada yang mengungsi di masjid dan tempat aman lainnya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Rabu 6 Maret 2024 pagi, Sungai Cisanggarung di wilayah Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes meluap. Dampak luapan Sungai Cisanggarung tersebut delapan desa terdampak banjir limpasan.

Total, ada delapan yang terdampak akibat limpasan dan tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes jebol. Kedelapan desa itu yakni, Desa Losari Kidul, Pekauman, Randusari, Kedungneng, Kalibuntu, Babakan, Bojogsari dan Desa Karangsambung.(*)

Sumber: