Jangan Mudah Tergiur, Inilah 3 Resiko Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah yang Mesti Anda Waspadai

Jangan Mudah Tergiur, Inilah 3 Resiko Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah yang Mesti Anda Waspadai

Ilustrasi. Resiko pinjol tanpa verifikasi wajah --

RADAR TEGAL - Anda mesti tahu terlebih dahulu resiko pinjol tanpa verifikasi wajah. Pasalnya seperti kita ketahui saat pengajuan pinjaman di pinjol ini diminta untuk verifikasi wajah hingga selfie KTP.

 

Resiko pinjol tanpa verifikasi wajah ini mesti Anda waspadai. Karena tujuan dari verifikasi wajah untuk keamanan identitas dan mencocokkan data peminjam sendiri.

 

Untuk saat ini, penawaran pengajuan pinjaman di aplikasi pinjol tanpa perlu menggunakan verifikasi wajah memang bertebaran. Namun, walaupun memudahkan mesti telusuri lebih jauh beberapa resiko pinjol tanpa verifikasi wajah.

 

Lalu apa saja resiko pinjol tanpa verifikasi wajah? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk dengan 7 Cara Ini Dijamin Kelar! Nasabah Galbay Wajib Catat

1. Penyalahgunaan identitas

 

Untuk yang pertama, resiko pinjol tanpa verifikasi wajah yakni bisa penyalahgunaan identitas. Dengan tidak adanya fitur verifikasi wajah saat pengajuan lembaga pinjaman tidak dapat memastikan secara pasti bahwa peminjam adalah orang yang dia klaim. 

 

Karena hal itu dapat meningkatkan resiko penggunaan data palsu atau identitas palsu. Kemungkinan data pribadi tersebut bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk tujuan kriminal.

 

Misalnya pembobolan rekening, penagihan palsu dan penggelapan dana. Jika sudah begini tentunya yang rugi kita sendiri.

 

2. Bunga Tinggi

 

Kemudian resiko pinjol tanpa verifikasi wajah berikutnya terdapat suku bunga tinggi yang mengakibatkan peminjam akan kesulitan untuk melunasinya dan berpotensi hutang berkepanjangan. Biasanya pinjol tanpa verifikasi wajah ini adalah pinjol ilegal yang menerapkan suku bunga di luar akal. 

BACA JUGA: 8 Tips Agar DC Pinjol Kapok Teror Nasabah Galbay, Dijamin Jera dan Tidak Semena-mena Lagi

Karena pinjol ilegal ini sedari awal tidak transparan akan dengan suku bunga pinjaman tersebut dan tidak menjelaskan syarat dan ketentuan lebih jelasnya. Tiba-tiba proses pinjaman dengan secepat kilat langsung cair tanpa perlu konfirmasi dari si peminjam.

 

3. Penagihan yang Kasar

 

Pinjol ilegal yang menerapkan pengajuan pinjaman tanpa verifikasi wajah ini terdapat penagihan yang kasar kepada nasabahnya. Salah satu contohnya seperti mengancam, memeras, mengintimidasi hingga melakukan kekerasan fisik.

 

Tentunya berbeda dengan pinjol legal yang debt collector lapangan sudah memiliki identitas resmi dan dilatih cara kerjanya. Bahkan debt collector pinjol legal juga saat ini terdapat peraturan yang telah ditetapkan oleh OJK. 

 

Berbeda dengan debt collector pinjol ilegal yang belum resmi di awasi oleh OJK. Jika Anda mengalami tindakan dari debt collector pinjol ilegal yang kurang mengenakkan bisa untuk segera lapor ke kantor polisi maupun lakukan aduan ke Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

BACA JUGA: Bebas Cemas Menjelang Lebaran, Manfaatkan Saja Pinjol Tanpa DC Lapangan Ini

Untuk menghindari hal ini Anda mesti tahu beberapa tips memilih pinjol yang sudah dipastikan keamanannya. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

 

1. Pinjol Resmi OJK

 

Hal utama dan paling penting pastikan Anda mengajukan pinjaman yang telah terdaftar atau berizin di OJK. Karena jika sudah resmi OJK sudah dipastikan keamanannya dan Anda tak perlu khawatir akan kebocoran data pribadi dan lain sebagainya.

 

2. Teliti saat Download Aplikasi Pinjol

 

Kemudian Anda jangan langsung download saja aplikasi pinjol. Pastikan teliti terlebih dahulu seperti pada bagian disetujui aplikasi cari tahu dari handphone.Karena jika pinjol legal OJK hanya memberikan izin akses kamera, microphone dan location saja.

 

3. Kreditur Terlihat Memaksa

 

Kreditur atau pihak memberi pinjaman ini memakai berbagai trik seperti bersikap wajar saat peminjam menanyakan informasi, namun jika mulai merayu atau memberi iming-iming bonusan dan fasilitas menggiurkan ini cenderung tidak wajar serta patut diwaspadai. Karena jika pinjol legal terpampang jelas syarat dan ketentuan pinjaman yang wajar serta transparan dari mulai jumlah pinjaman pokok serta suku bunga yang dikenakan.

BACA JUGA: 4 Cara Pintar Pakai Pinjol Tanpa Alami Galbay, Biar Tak Dikejar DC Lapangan

Demikian pembahasan artikel resiko pinjol tanpa verifikasi wajah yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat. (*)





Sumber: