Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal Ambruk Tahun 2023, Anggaran Perbaikan Rp1 Miliar

Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal Ambruk Tahun 2023, Anggaran Perbaikan Rp1 Miliar

JEMBATAN- Anggota DPRD Kabupaten Tegal saat meninjau Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sempat ambruk di tahun 2023, Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal yang berada di Desa Pesarean Kecamatan Pagerbarang, sudah diperbaiki. Anggaran perbaikan jembatan tersebut mencapai Rp1 miliar.

Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh memaparkan, Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal tersebut dibangun menggunakan anggaran belanja tidak terduga APBD Kabupaten Tegal tahun 2023 senilai Rp1 miliar. Termasuk di dalamnya untuk perencanaan, jasa konsultan pengawas dan biaya umum.

Sementara untuk nilai kontrak fisik pembangunan Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal mencapai Rp940,85 juta. 

"Proses pengerjaannya dilakukan tahun lalu, mulai tanggal 31 Juli 2023 sampai dengan 7 Desember 2023," imbuhnya. 

BACA JUGA: Dianggarkan Rp2,87 Miliar, Jembatan Kalierang Cilongok Kabupaten Tegal yang Keropos Segera Diperbaiki

Warga sangat bersyukur karena akses jalan Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal kini tidak terputus.

"Kami mewakili masyarakat Kecamatan Pagerbarang mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memperbaiki jembatan ini," kata Akhmad Sayuti, anggota DPRD Kabupaten Tegal yang mewakili Dapil 6 meliputi Kecamatan Pagerbarang, Balapulang dan Margasari, Minggu 25 Februari 2024.

Sayuti menuturkan Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal ini sempat ambruk akibat diterjang banjir bandang tahun 2023 lalu.

Praktis, akses warga terputus. Warga harus memutar arah jika hendak menuju Pagerbarang. Menindaklanjuti hal itu, Pemkab Tegal langsung mengalokasikan dana tidak terduga senilai Rp1 miliar untuk perbaikan Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Kali Pemali di Tegal Meluap, Desa Prupuk Utara Terendam Banjir  

Menurut Sayuti, jembatan tersebut merupakan akses yang cukup vital untuk menunjang mobilitas aktivitas harian warga Desa Pesarean dan sekitarnya yang juga menjadi akses penghubung jalan antardesa di Kecamatan Pagerbarang.

“Alhamdulillah, akhirnya jembatan ini bisa dibangun kembali,” ucapnya.

Sayuti mengimbau warga agar selalu menjaga kebersihan. Hindari buang sampah di bantaran sungai, termasuk di sekitar badan Jembatan Kali Sibiyuk Kabupaten Tegal ini.

Sebab timbunan sampah akan memenuhi kolong jembatan yang berakibat tersumbatnya aliran air arus sungai yang menjadikan tekanan ke konstruksi jembatan semakin naik, selain mengakibatkan longsor pada tanah dan struktur pondasi bangunan jembatan.

Sumber: