Benarkah Blokir Nomor Debt Collector Pinjol Bisa Dipidana? Simak Jawaban dan Cara Menghindarinya

Benarkah Blokir Nomor Debt Collector Pinjol Bisa Dipidana? Simak Jawaban dan Cara Menghindarinya

Benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana?--Freepik

RADAR TEGAL - Belakangan ini beredar di media sosial tentang blokir nomor debt collector pinjol yang konon katanya nasabahnya bisa dipidana. Namun benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana?

 

Benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana? Tindakan tersebut banyak dilakukan oleh nasabah yang merasa terganggu pesan maupun telepon dari DC pinjol yang terus menerus menghubunginya.

 

Lantas benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana? Nah bagi yang penasaran jawabannya Anda bisa menyimak artikel kali ini.

 

Karena artikel ini akan membahas pertanyaan benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana? Supaya Anda tidak penasaran lagi. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya mendapatkan informasi yang jelas.

BACA JUGA: Alur DC Lapangan Pinjol Menagih Pinjaman ke Nasabah, Berhenti Tagih Setelah 4 Bulan?

Dikutip dari laman TikTok @fintech.id menjelaskan terkait pernyataan benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana?

 

“ Dimana katanya di tahun 2024 akan kena pidana, jadi akan terjerat hukum pidana karena ya itu tadi memblokir nomor WhatsApp dari DC pinjol. Apakah ini hanya mengada- ngada ataukah ini memang ya ada aturan seperti itu, tapi yang jelas ini adalah hoax” ucap dalam video Tiktok Fintech. id tersebut.

 

Jadi benarkah blokir nomor debt collector pinjol bisa dipidana? Nah jadi Jawabannya adalah hoax. Pasalnya tidak ada peraturan perubahan mengenai hal itu.

 

“ Nggak ada perubahan seperti itu, mana ada blokir WhatsApp dihukum pidana itu gak ada. Tidak ada hukumnya, tidak ada pasalnya dan tidak ada aturannya” jelasnya.

BACA JUGA: 5 Pinjol Bunga Rendah Tanpa KTP 2024, Tenor Bulanan dengan Limit sampai Rp20 Juta

Dikutip dari berbagai sumber lainnya, ini dia cara kabur dari debt collector pinjol bukan dengan cara blokir nomor DC.

 

Bagi Anda yang saat ini kondisinya sedang terlilit hutang pinjol jangan mencoba kabur dengan cara memblokir nomor debt collector. Jika Anda secara langsung blokir nomor debt collector, justru akan dinilai secara terang- terangan ingin kabur dan melanggar perjanjian utang.

 

Sebelum buru- buru blokir nomor debt collector pinjol, Anda wajib mengetahui perbedaan antara penagihan dan teror dari DC. Apabila debt collector memberikan pesan maupun telepon dengan bahasa yang sopan, dapat dipastikan itu hanya sebuah peringatan supaya nasabah tersebut segera membayar tagihan pinjol yang tertunggak.

 

Nah jadi tidak seharusnya langsung memblokir nomor debt collector pinjol tersebut. Karena memang kewajiban Anda untuk bertanggung jawab atas pinjaman yang harus dibayarkan.

 

Namun apabila ada debt collector pinjol mengirimkan pesan atau telepon menggunakan bahasa yang kasar, dapat dipastikan itu sebuah teror. Dengan demikian wajar Anda ingin kabur.

BACA JUGA: Penting untuk Calon Nasabah, 5 Tips Kenali Pinjol Ilegal 2024 yang Punya Bunga Mencekik Leher

Alangkah baiknya tidak langsung blokir nomor debt collector pinjol. Jika Anda mendapatkan pesan maupun telpon dengan kalimat ancaman. Anda hanya perlu melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) maupun ke kantor polisi terdekat.

 

Sampaikan kepada salah satu lembaga dengan melampirkan bukti bahwa Anda mendapatkan teror dan ancaman dari debt collector pinjol.

 

Berikut ini adalah cara kabur yang aman dari teror debt collector pinjol tanpa perlu harus memblokir nomor DC.

 

1. Jangan membalas pesan

 

Apabila Anda menerima pesan tagihan dari pihak debt collector pinjol, jangan langsung ditanggapi ataupun dibalas. Karena hal ini penagih akan berpikir bahwa Anda mudah dihubungi dan justru akan secara terus menerus dipaksa untuk membayar tagihan saat itu juga.

BACA JUGA: Apakah Pinjol Pundikas Punya Debt Collector Lapangan? Kenali Produk dan Resikonya Jika Galbay

2. Screenshot pesan ancaman dari debt collector pinjol

 

Selanjutnya jika Anda mendapatkan pesan dari debt collector pinjol dengan ancaman jangan langsung dihapus atau memblokirnya. Jadi Anda wajib screenshot pesan tidak sopan tersebut sebagai barang bukti apabila suatu saat kasus dibawa ke ranah hukum.

 

Nah itulah pembahasan terkait pertanyaan benarkah blokir nomor debt collector bisa dipidana? Semoga membantu dan terjawab dengan jelas yah.(*)

Sumber: