Gaji Cuma 2 Juta Per bulan? Ingat 6 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tak Besar Pasak dari Tiang

Gaji Cuma 2 Juta Per bulan? Ingat 6 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tak Besar Pasak dari Tiang

tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan--

RADAR TEGAL - Menabung adalah langkah bijak yang dapat diambil oleh siapa pun, tanpa memandang seberapa besar nominal gaji yang Anda terima. Tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta, mungkin perlu Anda perhatikan.

Meskipun gaji bulanan Anda saat ini sebesar Rp2 juta, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara sederhana untuk mengelola keuangan Anda dan tetap dapat menabung. 

Inilah beberapa langkah mudah dalam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang dapat Anda terapkan, sehingga memberikan kenyamanan pada keuangan Anda dan dapat terealisasi dengan cukup bijak.

Tips mengatur keuangan rumah tangga bisa Anda terapkan pada seluruh pengeluaran rumah yang telah dibeli, dengan memperhatikan angka gaji 2 juta, Anda bisa melakukan penghematan belanja 50% dari biasanya. Berikut tipsnya.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

1. Menetapkan Prioritas Pengeluaran

Tips mengatur keuangan rumah tangga pertama dengan Menetapkan Prioritas Pengeluaran. Penting untuk mengatur prioritas pengeluaran Anda. Dengan anggaran terbatas, tentukan batasan untuk berbagai kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengaturnya segera setelah menerima gaji. 

Kebutuhan sehari-hari harus menjadi prioritas utama, diikuti dengan menetapkan jumlah yang akan disisihkan untuk tabungan dan kebutuhan sekunder. Dengan pendekatan ini, Anda dapat tetap bertahan dan menabung meskipun gaji hanya Rp2 juta per bulan.

2. Menggunakan Metode Budgeting yang Mudah

Tips ke dua dengan Menggunakan Metode Budgeting yang Mudah. Kenali berbagai metode budgeting untuk membuat perencanaan keuangan Anda lebih praktis. 

Salah satu contoh metode yang dapat diikuti adalah 50/30/20, di mana 50% pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan investasi. 

Dengan gaji bulanan Rp 2 juta, yang berarti anggaran operasional harian Anda adalah Rp 1 juta. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Rp 600.000 untuk memenuhi keinginan atau gaya hidup Anda. Terakhir, Anda memiliki sisa Rp 400.000 untuk ditabung atau investasi lainnya.

3. Mencatat Pos Pengeluaran Rutin

Tips mengatur keuangan rumah tangga ke tiga dengan Mencatat Pos Pengeluaran Rutin. Selain membuat rencana pengeluaran, penting juga untuk mencatat pos pengeluaran secara rutin. 

Sumber: