Berbagi Cinta Lewat Tradisi Moci Khas Tegal, Simbol Keakraban Antara Nyong dan Koen

Berbagi Cinta Lewat Tradisi Moci Khas Tegal, Simbol Keakraban Antara Nyong dan Koen

TRADISI MOCI KHAS TEGAL--

RADAR TEGAL - Tradisi moci khas Tegal bukan sembarang tradisi minum teh. Tradisi ini merupakan simbol keakraban untuk berbagai cinta dan cerita.

Tradisi moci khas Tegal merupakan budaya minum teh masyarakat Tegal yang dari dulu sudah ada. Budaya ini terus menerus dilestarikan dari generasi ke generasi.

Hingga sekarang tradisi moci khas Tegal menjadi simbol keakraban untuk berbagai cerita. Nikmatnya minum teh dengan aroma yang khas membuat suasana menjadi makin menyenangkan.

Mari kenalan lebih dalam tentang tradisi moci khas Tegal yang satu ini. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Kafe Instagramable di Tegal, Buat yang Suka Eksis Sambil Ngopi

Sejarah teh di Tegal

Slawi menjadi sentra pembuatan teh di Tegal, Jawa Tengah. Bahkan jika kamu melewati sepanjang jalan Kabupaten Tegal ini, akan melihat simbol poci dengan kekhasan warnanya.

Sejak 1985 teh mulai memasuki pasaran luar negeri dengan produk andalan teh hijau. Lalu disusul teh dalam kemasan kantong-kantong kecil yang ukurannya dibuat pas untuk sekali minum biasa disebut teh celup. Selain itu ada pula teh melati (jasmine tea) dan teh botol.

Untuk memenuhi permintaan pasokan industri teh di Tegal, sebagian bahan baku didatangkan dari Jawa Barat yang memang merupakan sentra produksi teh terbesar di Indonesia.

Pasokan daun dari perkebunan teh Jawa Barat ini kemudian diolah pabrik-pabrik di Tegal menjadi beberapa jenis minuman teh. Selain teh wangi melati (jasmine tea), diproduksi juga jenis teh hijau dan teh hitam.

Pembungkusan teh telah memberikan lapangan kerja kepada banyak orang karena selain tenaga pembungkus sendiri, mereka masih melibatkan seluruh anggota keluarga tanpa perlu datang ke pabrik, yaitu dalam menyiapkan bungkus teh, atau dikenal dengan istilah nyonthong.

Nyonthong adalah membentuk dan merekatkan bungkus teh, yang biasa dilakukan oleh seisi rumah sambil mengisi waktu luang.

Selain terkenal dengan industri tehnya, fakta unik lain dari daerah ini adalah tradisi minum teh yang sudah melekat pada masyarakatnya secara turun-temurun.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Tegal yang Wajib Dicoba Pelancong, Awas Rasanya Bikin Ketagihan

Tradisi moci khas Tegal

Moci, begitulah masyarakat Tegal menyebutnya. Nama Moci sendiri berasal dari kata poci yang artinya sebuah tempat tempat air yang terbuat tanah liat.

Sumber: