8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Membeli AC Portable, Pastikan Sesuai dengan Kebutuhan

8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Membeli AC Portable, Pastikan Sesuai dengan Kebutuhan

Hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable --

RADAR TEGAL - Artikel kali ini akan membahas hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari saat membeli unit tersebut.

 

Seperti kita tahu AC portable saat ini begitu populer digunakan masyarakat karena memiliki keunggulan dapat hemat listrik, perawatannya mudah, pengoperasian sederhana dan dapat dipindahkan sesuai keinginan. Meskipun demikian ada hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable.

 

Lalu apa saja hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable? Anda mesti baca hingga tuntas agar tidak perlu bingung dan mendapatkan informasi yang tepat.

 

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable :

 

BACA JUGA: 7 Cara Merawat AC Portable agar Awet dan Dingin Maksimal, Salah Satunya Rutin Membersihkan Saluran Pembuangan

 

Hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable

1. Ukuran 

 

Sebelum membeli AC portable, perhatikan ukuran ruangan Anda. Ukuran ruangan tempat utama Anda menggunakan AC portable akan menentukan kapasitas pendingin yang diperlukan. 

 

Anda menginginkan AC berukuran besar atau kecil untuk ruangan dan pastinya harus pas dan cocok. Pasalnya AC portable yang berukuran besar akan mendinginkan suhu ruangan lebih cepat akan tetapi kemungkinan kurang hemat energi dibandingkan dengan model yang lebih kecil.

 

Sebagai contoh misalnya Anda memiliki ruangan berukuran 30m² sama dengan kapasitas yang disarankan 1kW. Lalu misalnya Anda memiliki ruangan berukuran 30m² maka memerlukan AC portable 3kW.

 

2. Instalasi

 

Hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable yakni unit ini tidak memerlukan instalasi yang sulit untuk digunakan tetapi memerlukan saluran eksternal untuk untuk pengoperasiannya.

BACA JUGA: Merek AC Portable Paling Dingin dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp2 Jutaan

3. Portabilitas

 

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ukuran, dimensi dan berat jika Anda berencana untuk membeli AC portable yang akan digunakan untuk di ruangan. Pasalnya beberapa AC portable memakan banyak ruang dan ada juga bobotnya yang berat, jadi kemungkinan sulit untuk dipindahkan. 

 

4. Penempatan

 

Hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable yakni penempatannya. Anda dapat meletakkan AC portable sesuai keinginan, namun ada juga yang harus dipasang atau digantung di dekat jendela. Pilihlah yang sesuai dan terbaik untuk ruangan Anda dan memiliki ruangan yang pas untuk penempatannya.

 

5. Model 

 

Pada AC portable biasanya ada beberapa model yang menggunakan sistem selang ganda dan selang tunggal. Sistem selang yang digunakan unit AC portable dapat mempengaruhi efesiensinya secara keseluruhan.

 

Untuk sistem selang tunggal dapat menarik udara panas dari luar dan mendinginkannya menggunakan kondensor, sedangkan sistem selang ganda menggunakan dua selang terpisah yang satu untuk membuang udara panas di luar dan satu lagi berfungsi mengalirkan udara dingin dari luar ruangan. 

 

Mode selang ganda biasanya lebih mahal namun bekerja lebih efisien, sedangkan model selang tunggal bisa lebih murah namun menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan suhu ruangan. 

BACA JUGA: Canggih Banget! Spesifikasi Sharp AH-A5UCY AC 1/2 PK Low Watt dengan Fitur Super Jet Mode

6. Tingkat kebisingan

 

Kemudian hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable yakni tingkat kebisingannya. Tingkat kebisingan AC portable berkisar sekitar 50 dB, setara dengan tingkat kebisingan kulkas. 

 

7.Sumber Daya

 

Ada juga sebaiknya mempertimbangkan darimana unit AC portable mendapatkan sumber dayanya untuk menjalankan unit. Beberapa menggunakan soket listrik dan sementara yang lain mungkin dapat dijalankan menggunakan sumber listrik lainnya.

 

8. Kapasitas dan daya pendinginan

 

Kapasitas pendinginan mengacu pada tingkat BTU (British Thermal Unit) yang menunjukkan seberapa besar daya pendinginan yang dapat dihasilkan AC portable dalam satu jam. Karena ini dapat mempengaruhi seberapa efektif AC dapat mendinginkan suhu ruangan di rumah Anda. Idealnya Anda harus memiliki setidaknya 20 BTU untuk ruangan yang ingin Anda dinginkan.

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC portable. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: