Hujan 30 Menit, Puluhan Rumah di Wilayah Perkotaan Brebes Rusak Diterjang Angin Kencang

Hujan 30 Menit, Puluhan Rumah di Wilayah Perkotaan Brebes Rusak Diterjang Angin Kencang

Sejumlah rumah di wilayah perkotaan rusak akibat hujan disertai angin kencang, Rabu 24 Januari 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes mengalami kerusakan. Hal itu setelah hujan disertai angin kencang mengguyur wilayah Brebes kota, Rabu 24 Januari 2024.

Kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir Kecamatan Brebes. Hujan yang disertai angin kencang ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dengan durasi cukup lama, sekitar 30 menit dan menyebabkan kerusakan puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes. 

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes masih melakukan pendataan puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes yang rusak. Informasi di lapangan, angin kencang merusak puluhan rumah rumah di tiga desa di Kecamatan Brebes.

Yakni, Desa Sigambir, Pagejugan dan Kedunguter. Dampak kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir.

BACA JUGA: Pohon Balsia, Nangka dan Kelapa Kompak Roboh Diterjang Angin Kencang, Rusak 5 Bangunan di Brebes

Selain merusak puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon besar dan baliho caleg di wilayah perkotaan Brebes. Pohon tumbang bahkan menutup jalur pantura dan terjadi kemacetan arus lalu lintas. 

Perangkat Desa Sigambir Kasidi mengatakan, saat ini pemerintah desa hingga Rabu malam masih melakukan pendataan kerusakan puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes akibat angin kencang. Data sementara, puluhan rumah mengalami kerusakan di wilayahnya, termasuk rumahnya sendiri.

Kerusakan rumah akibat angin kencang ini sebagian besar terjadi di bagian atap. 

"Kalau kejadiannya tadi pukul 16.00 WIB saat hujan besar disertai angin kencang. Saat ini kami masih melakukan pendataan," ungkapnya.

BACA JUGA: Rumah di Slawi Kabupaten Tegal Ambruk Diterjang Angin Kencang, Satu Keluarga Terpaksa Mengungsi

Sementara itu, tim reaksi cepat yang terdiri petugas BPBD Brebes dan pihak kepolisian hingga saat ini masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan rumah rusak. Armada Pemadam Kebakaran bahkan diterjunkan untuk melakukan penanganan kerusakan rumah yang parah. 

Sementara itu, Sub Kor Kedaruratan BPBD Brebes, Rismanto membenarkan peristiwa tersebut. Saat ini terhenti masih melakukan pemdataan jumlah rumah yang mengalami kerusakan. Meski begitu, sedikitnya puluhan rumah terdampak akibat musikbah tersebut.

“Terjadi sekitar pukul 16.00 tadi saat hujan besar. Ini petugas masih melakukan pendataan,” tutupnya.

Demikian informasi terkait kerusakan puluhan rumah di wilayah perkotaan Brebes akibat hujan dan angin kencang. Semoga bantuan segera bisa tersalurkan kepada korban. (*)

Sumber: