Jangan Buru-buru Beli yang Baru, Ini 5 Penyebab AC Mengeluarkan Suara Berisik yang Mesti Anda Ketahui

Jangan Buru-buru Beli yang Baru, Ini 5 Penyebab AC Mengeluarkan Suara Berisik yang Mesti Anda Ketahui

Ilustrasi. Penyebab AC berisik --Freepik

RADAR TEGAL - Menggunakan AC saat ini menjadi hal penting mengingat suhu udara panas di luar yang bikin badan jadi gerah dan lepek. Sayangnya kadang ada penyebab AC mengeluarkan suara berisik yang tidak kita ketahui.

 

AC yang mengeluarkan suara berisik tentunya buat kita gak nyaman dan terganggu. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui penyebab AC mengeluarkan suara berisik.

 

Penyebab AC mengeluarkan suara berisik ternyata jarang disadari sebagian orang. Terkadang banyak yang buru-buru beli AC yang baru.

 

Padahal hal ini bisa kamu perbaiki sendiri loh. Berikut ini penyebab AC mengeluarkan suara berisik yang mesti kamu ketahui. Simak baik-baik ya.

BACA JUGA: Tips Memilih AC yang Hemat Listrik supaya Tagihan Listrik di Rumah Nggak Mencekik

Penyebab AC mengeluarkan suara berisik

1. Komponen yang Longgar

 

Suara AC yang berisik biasanya ada komponen yang longgar seperti panel AC yang lepas, bilah kipas atau pipa zat pendingin. Tentunya Anda perlu cek pada unit komponen apa yang longgar dan segera untuk mengencangkan kembali.

 

2. Kompresor yang Bermasalah

 

Seperti kita ketahui kompresor merupakan bagian penting di dalam AC, jika kompresor mengalami kebocoran bisa menjadi penyebab AC mengeluarkan suara yang berisik.

 

3. Tersumbatnya Kotoran pada Outdoor AC

 

Tak hanya bagian dalam AC saja, bagian outdoor juga bisa yang menjadi penyebab unit mengeluarkan suara berisik. Biasanya disebabkan oleh ranting, dedaunan atau kotoran lainnya yang tersangkut di dalam outdoor AC.

 

4. Kipas AC yang Aus atau Kotor

 

Lalu penyebab suara AC berisik yang secara umum yakni kipas AC yang aus maupun kotor karena debu dan kotoran. Karena hal itu yang bisa menghasilkan suara berisik atau berdentum.

BACA JUGA: Perbandingan AC Portable dengan AC Dinding, Mana yang Lebih Hemat Listrik?

Debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas ini juga menimbulkan getaran. Oleh karena itu sebaiknya lakukan perawatan secara rutin.

5. Pipa-pipa yang Bergetar

 

Kemudian jika pergerakan udara dan perubahan suhu di dalam pipa-pipa AC juga dapat menyebabkan bergetar yang menghasilkan suara berisik pada unit.

 

6. Sirkulasi Freon AC Terganggu

 

Biasanya penyebab AC mengeluarkan suara yang berisik karena sirkulasi pada freon AC yang terganggu ini karena adanya kesalahan saat instalasi AC yang tidak maksimal. Khususnya dalam melakukan vakum udara. 

 

Nah itulah ternyata penyebab AC mengeluarkan suara berisik. Oleh karena itu disarankan Anda melakukan perawatan rutin pada AC agar tetap bekerja dengan baik, awet dan tentunya bikin hemat listrik. (*)

Sumber: