Bukan Cuma Riwayat Kredit Buruk, Ini 6 Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak yang Jarang Disadari Nasabah

Bukan Cuma Riwayat Kredit Buruk, Ini 6 Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak yang Jarang Disadari Nasabah

Ini dia penyebab pengajuan KUR BRI ditolak yang mesti Anda ketahui --

RADAR TEGAL - Dengan adanya program KUR dari pemerintah Indonesia yang disalurkan ke Bank BRI, masyarakat khususnya pelaku usaha berharap mendapatkan pinjaman untuk modal usahanya. Namun di sisi lain, terkadang ada permasalahan terkait pengajuan KUR BRI ditolak.

 

Lantas apa kira-kira penyebab pengajuan KUR BRI ditolak oleh bank penyalur? Bagi yang akan mengajukan pinjaman KUR BRI 2024 awal Maret mendatang, sebaiknya cari informasi penyebab tersebut.

 

Ditolaknya pengajuan pinjaman ini tentunya harus menjadi pengalaman, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Penyebab pengajuan KUR BRI ditolak ini terkadang jarang disadari.

 

Karena itu, radartegal.disway.id akan membahas detailnya dalam artikel ini. Berikut adalah penyebab pengajuan KUR BRI Anda ditolak yang mesti diketahui:

BACA JUGA: Pernah Galbay Pinjol Apakah Bisa Mengajukan Pinjaman KUR 2024? Ini Jawabannya

1. Dokumen Tidak Lengkap

 

Penyebab pengajuan KUR BRI 2024 Anda ditolak yakni dokumen tidak lengkap yang memang menjadi persyaratan utama untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Jangan sampai kesalahan hal kecil ini yang menjadikan pengajuan pinjaman KUR BRI Anda ditolak.

 

Selain itu yang harus diingatkan dokumen yang akan dikumpulkan nanti pastikan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dan jangan ada manipulasi data sehingga menyebabkan KUR BRI ditolak.

 

2. Mempunyai Riwayat Kredit Buruk

 

Hal paling penting ini perlu diingat, bahwa jika Anda mempunyai riwayat kredit buruk misalnya telat bayar tagihan kredit kendaraan, telat bayar tagihan pinjol ini juga bisa berpengaruh. Pasalnya semua pinjaman yang terhubung dengan OJK akan diketahui data riwayat kredit Anda,.

 

Karena itu sebaiknya jaga nama pribadi Anda agar tetap bersih supaya bisa mengajukan pinjaman KUR BRI.

 

3. Mempunyai Tanggungan Pinjaman Lain

 

Untuk mengajukan pinjaman KUR BRI calon debitur tidak memiliki tanggungan pinjaman di tempat lain. Kecuali memiliki kredit konsumtif seperti KPR KKB dan kartu kredit itu diperbolehkan.

 

4. Tujuan Pinjaman Kurang Jelas

 

Saat Anda mengajukan pinjaman KUR harus jelas tujuannya untuk apa, namun jika untuk konsumtif tentunya berpotensi besar ditolak. Karena pada dasarnya KUR bertujuan  membantu permodalan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya.

5. Tidak Memiliki Usaha

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI yakni calon debitur harus memiliki usaha aktif berjalan minimal 6 bulan. Karena dengan adanya usaha menandakan jaminan bahwa Anda berpotensi bisa membayar angsuran KUR setiap bulannya.

6. Jaminan Tidak Memenuhi Syarat

 

Sebagai bentuk pinjaman, pihak Bank BRI mensyaratkan calon debitur harus memiliki jaminan tertentu sesuai yang dipersyaratkan. Biasanya pihak Bank BRI memberikan jaminan untuk mengantisipasi terjadinya kredit macet.

 

Karena jika Anda tidak membayar tagihan nunggak berbulan-bulan, maka jaminan tersebut akan disita oleh pihak bank. Itulah 6 penyebab pengajuan KUR BRI ditolak, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: