Dikenal Hemat Listrik, Ini 7 Kekurangan AC Inverter yang Wajib Diketahui Sebelum Terlanjur Membelinya

Dikenal Hemat Listrik, Ini 7 Kekurangan AC Inverter yang Wajib Diketahui Sebelum Terlanjur Membelinya

Kekurangan AC Inverter --Freepik

RADAR TEGAL - AC inverter memiliki keunggulan jauh dibandingkan dengan AC konvensional lainnya, karena unit ini bisa mencapai suhu yang diinginkan dengan cepat dan efektif. Tapi meskipun lebih unggul ternyata tetap ada kekurangan AC inverter.

 

Banyak masyarakat membeli AC inverter untuk investasi jangka panjang, karena dikenal menghemat biaya listrik,pendinginan cepat. Meskipun demikian kekurangan AC inverter ini bisa Kamu pikirkan kembali untuk beli atau tidaknya jenis unit yang satu ini.

 

AC inverter ini lebih irit, lebih senyap dibandingkan AC standar dan juga ramah lingkungan. Namun bukan berarti AC inverter sempurna,tentu saja ada kekurangan pada AC Inverter ini, apa saja? Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

 

Berikut ini 7 kekurangan AC Inverter yang mesti Kamu ketahui:

BACA JUGA: Perbedaan AC Split dan Inverter yang Wajib Diketahui, Pilih Mana yang Sehat untuk Rumah Anda

1. Biaya Isolasi Buruk

 

Efisiensi dan biaya perawatan AC inverter tergantung pada ruangan yang diisolasi dengan baik. Jika ruangan tempat AC inverter tidak diisolasi dengan baik, konsumsi daya justru meningkat seiring dengan tagihan listrik.

 

2. Kelembaban Tinggi 

 

Jika kapasitas AC inverter Anda jauh lebih besar dari yang dibutuhkan ruangan, maka AC anda akan sering beroperasi dalam siklus pendek untuk menjaga suhu ruangan yang diinginkan. Hal ini akan mengakibatkan ruangan menjadi terlalu panas atau dingin dengan cepat, namun tanpa menghilangkan kelembaban secara efektif.

 

3.  Harga Mahal

 

Meskipun bagus untuk jangka panjang dan biaya operasional yang lebih rendah, AC inverter memiliki harga beli yang jauh lebih tinggi karena memiliki desain kompresor canggihnya yang lebih kompleks.

 

4. Perbaikan Lebih Mahal

 

Mengganti atau memperbaiki komponen AC inverter membutuhkan biaya yang mahal, karena desainnya lebih rumit dan tidak mudah didapat. Ini merupakan salah satu kekurangan AC inverter yang harus diketahui.

BACA JUGA: Keunggulan AC Panasonic dengan Performa yang Handal Meningkatkan Kenyamanan Ruangan keluarga

5. Pilihan Terbatas

 

Terdapat kelangkaan model AC inverter dibandingkan dengan non inverter karena teknologinya yang relatif baru di pasaran akibatnya pelanggan seringkali kesulitan menemukan model yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan anggarannya.

 

6. Diperlukan Teknisi Khusus

 

AC inverter terdiri dari mekanisme yang sangat canggih, seringkali teknisi yang kurang berpengalaman tidak mampu memahami permasalahan yang ada dan malah memperburuk permasalahan pada unit. Karena AC inverter ini memiliki komponen yang lebih rumit.

 

7. Biaya Pengoperasian Tinggi Jika Ruangan Sering Buka-Tutup

 

Pada AC inverter, kompresor menyesuaikan kecepatannya sesuai dengan beban panas dalam ruangan m jika terjadi kebocoran pendingin dari ruangan secara berkala, kompresor akan bekerja dengan kecepatan lebih tinggi sehingga meningkatkan konsumsi daya.

BACA JUGA: Tips Memilih Ukuran PK AC yang Tepat untuk Ruangan yang Efisien dan Nyaman

Demikian artikel tentang kekurangan AC inverter yang kami rangkum dari sejumlah literatur, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: