Apa Saja Perbedaan Android TV dan Google TV? Pengguna Baru Wajib Tahu Supaya Gak Tertipu Harga Murah

Apa Saja Perbedaan Android TV dan Google TV? Pengguna Baru Wajib Tahu Supaya Gak Tertipu Harga Murah

Apa Saja Perbedaan Android TV dan Google TV?-desain by writer-freepik.com/vecstock

RADAR TEGAL - Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan Android TV dan Google TV? Maka artikel ini cocok untuk Anda. Dengan memahami android TV dan google TV dapat membantu Anda menemukan referensi yang tepat untuk kebutuhan.

Android TV dan Google TV adalah dua jenis televisi pintar yang menggunakan sistem operasi Android. Perbedaan android Tv dan google TV akan dijelaskan dalam artikel ini sehingga Anda bisa membacanya hingga selesai.

Meskipun menggunakan sistem operasi yang sama, beberapa perbedaan penting juga meliputi kedua sistem operasi tersebut. Anda bisa menentukan akan menggunakan android TV atau google TV sesuai analisa kebutuhan Anda pribadi.

Setiap perbedaan android TV dan Google TV tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda bisa menentukan mana yang paling bisa diandalkan. Simak selengkapnya pembahasan mengenai android TV dan google TV.

BACA JUGA: Apakah Android TV Bisa Nonton TV Biasa Tanpa Internet? Simak Jawabannya Disini

Perbedaan Android TV dan Google TV

Android TV

Android TV adalah sistem operasi Android yang dirancang khusus untuk televisi. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur dan aplikasi, termasuk akses ke streaming video, musik, dan game.

Kelebihan:

  • Harga lebih terjangkau, umumnya Android TV lebih murah dibandingkan Google TV dengan fitur serupa.
  • Banyaknya pilihan aplikasi dengan basis Android, maka akses ke Play Store membuat jumlah aplikasi dan game yang tersedia untuk Android TV jauh lebih banyak.
  • Dengan kustomisasi maka antarmuka pengguna Android TV relatif terbuka dan dapat disesuaikan dengan berbagai launcher pihak ketiga, widget, dan pengaturan kontrol lainnya.
  • Kompatibilitas luas sehingga berbagai macam hardware dan aksesori smart TV bisa dihubungkan dengan mudah ke Android TV.

Kekurangan:

  • Antarmuka Android TV terkesan kaku dan berorientasi pada kursor, kurang optimal untuk navigasi remote control berbasis pointer.
  • Kecerdasan buatan untuk rekomendasi konten kurang canggih dibanding Google TV, menghasilkan saran yang mungkin kurang relevan dengan minat Anda.
  • Penerimaan update sistem operasi dan aplikasi terkadang tidak selancar di Google TV.
  • Beberapa model Android TV menampilkan iklan di antarmuka pengguna, yang mungkin mengganggu untuk sebagian pengguna.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Android TV Terbaik 2023 yang Paling Laris, Sekarang Harganya Turun!

Google TV

Google TV adalah versi terbaru dari Android TV. Sistem operasi ini menawarkan antarmuka pengguna yang didesain ulang dan fitur-fitur baru, seperti rekomendasi konten yang lebih personal.

Kelebihan:

  • Google TV menghadirkan antarmuka yang bersih dan berfokus pada konten, memudahkan browsing dan pencarian menggunakan remote control berbasis pointer.
  • Algoritme Google Assistant pintar menganalisis preferensi Anda dan menyajikan rekomendasi konten yang sangat relevan dan dipersonalisasi.
  • Akses Google Assistant yang lebih dalam dan lancar, memungkinkan kontrol perangkat smart home, pencarian informasi, dan banyak lagi.
  • Google TV mudah disambungkan dan dikontrol dari berbagai perangkat, termasuk smartphone dan tablet.

Sumber: