Jangan Anggap Remeh, Kenali 4 Tanda Shockbreaker Motor Rusak dan Harus Segera Diganti

Jangan Anggap Remeh, Kenali 4 Tanda Shockbreaker Motor Rusak dan Harus Segera Diganti

Tanda Shockbreaker Motor Rusak--

RADAR TEGAL – Suspensi atau shockbreaker merupakan komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk merendam kejut atau guncangan pada saat melintasi jalanan tidak rata atau berlubang. Berikut ini tanda shockbreaker motor rusak.

Adapun ciri  shockbreaker yang baik yakni dapat memberikan kestabilan dan kenyamanan pada saat sepeda motor dikendarai  baik dalam kecepatan rendah, tinggi atau pada saat melewati tikungan. Oleh karena itu, sebagai pengendara tentu perlu mengetahui tanda shocbreaker motor rusak.

Namun, seiring usia pakai biasanya kinerjanya akan menurun atau rusak sehingga kenyamanan berkendara jadi berkurang, terutama pada saat melintasi jalan yang tidak mulus atau pun bergelombang. Berikut ini penjelasan mengenai tanda shockbreaker motor rusak.

Tanda Shockbreaker Motor Rusak

1. Ban terasa oleng

Tahukah Anda bahwa ketika sepeda  motor yang Anda kendarai bannya terasa oleng, bahkan pada saat melintasi permukaan jalan yang rata.

BACA JUGA: Sedang Naik Daun, Ini 5 Rekomendasi Motor Listrik Terbaru 2024 yang Wajib Dimiliki

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Motor Keren Suzuki 2024, Fiturnya Cocok Banget Jadi Pilihan

Maka bisa menjadi tanda shockbreaker rusak atau harus diganti. Apabila Anda biarkan maka kondisi ini bisa membahayakan pengendara terlebih pada saat melewati tikungan.

2. Gucangan berlebih

Pada saat sepeda motor melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang, guncangan yang tidak wajar akan sangat  terasa.

Hal ini bisa menjadi  tanda bahwa kierja suspensi sudah mulai  menurun.

3. Muncul Suara Aneh

Ciri shockbreaker motor rusak berikutnya yakni apabila terdengar suara aneh seperti decit atau bletak yang mengganggu maka bisa jadi kondisi suspensi sudah rusak, ya.

Adapun suara decit biasanya muncul dari gesekan bushing atau bosh shockbreaker yang kering atau kotor.

Sedangkan suara bletak bisa jadi karena bottoming akibat volume oli berkurang atau performa pegas menurun sehingga daya rendamya hilang.

Hal ini bisa disebabkan karena sepeda motor sering membawa beban berlebih.

BACA JUGA: Gak Cuma Menang di Varian Hitam-nya, Keunggulan Honda PCX 160 Ini Bikin Penggunanya gak Pengen Ganti Motor

BACA JUGA: Daftar Motor Bebek Paling Kuat di Tanjakan Gunung

4. Oli Motor Bocor

Tahukah Anda bahwa kebocoran oli shockbreaker terjadi akibat seal shockbreaker rusak. Hal ini tentu bisa terjadi karena seal sudah aus atau sobek karena gesekan kotoran.

Tidak hanya itu, suspensi yang sering dibiarkan dalam keadaan kotorjuga bisa menjadi penyebab seal sobek.

Selain membuat motor jadi terlihat kotor dan kumuh, kebocoran oli shockbreaker juga bisa mengurangi kestabilan pada saat berkendara.

Demikian ulasan mengenai beberapa tanda shockbreaker motor mulai rusak, dan harus segera diganti untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: