6 Tips Supaya Baterai HP Tetap Awet Seharian, Antara Lain Jangan Asal Cas dan Matikan Fitur AOD

6 Tips Supaya Baterai HP Tetap Awet Seharian, Antara Lain Jangan Asal Cas dan Matikan Fitur AOD

Cara supaya Baterai HP Tetap Awet Tahan Seharian--

RADAR TEGAL – Seperti yang Anda ketahui, kini kebanyakan produk handphone keluaran terbaru dibekali dengan baterai jumbo. Berikut ini tips supaya baterai HP tetap awet seharian.

Tujuan dari penggunaan baterai jumbo tak lain adalah supaya HP Anda bisa lebih tahan menyala untuk menikmati aktivitas pengguna.

Jadi, Anda tidak perlu lagi bolak-balik mencari colokan listrik untuk mengecas baterai lagi.

Dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa cara supaya beterai HP awet seharian. Mulai dari menurunkan tingkat kecerahan layar hingga mematikan sejumlah fitur salah satunya GPS.

BACA JUGA: 3 Cara Mencegah Baterai HP supaya Tidak Boros, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Lakukan

Tips supaya HP Tetap Awet Seharian

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Layar menjadi bagian dari HP yang sering menghabiskan daya baterai, salah satunya melalui tampilan fitur Always on Display.

Bukan hanya itu, tingkat kecerahan layar juga akan mempengaruhi banyaknya daya yang terpakai. Jadi, makin tinggi tingkat kecerahan yang diatur, maka layar akan semakin banyak mengonsumsi daya.

Karena itu, supaya baterai HP Anda lebih awet maka ada baiknya untuk mengurangi kecerahan layar, ya.

BACA JUGA: 4 Cara Menghemat Baterai Hp Xiaomi dengan Mudah Agar Tidak Cepat Habis dan Panas

2. Matikan Fitur Always on Display

Tahukah Anda bahwa daya beterai yang awet bisa membuat HP Anda menjadi tahan menyala seharian, lho. Sementara itu, baterai HP bisa lebih cepat habis akibat sejumlah pemakaian fitur, salah satunya Always on Display (AOD).

AOD merupakan fitur yang menampilkan sejumlah informasi langsung di layar HP Anda. Karena berjalan terus menerus, fitur ini akan lebih banyak mengonsumsi daya baterai.

Karena itu, apabila Anda ingin kondisi baterai tetap awet maka sebaiknya sesuaikan lagi fitur AOD ini, ya.

BACA JUGA: Spesifikasi HP POCO F4 GT Terbaru 2024 Harga Rp8 Jutaan RAM 12 GB, Bagaimana Performanya?

3. Gunakan Dark Mode supaya Baterai HP Tetap Awet

Dark Mode merupakan fitur yang akan membuat tampilan HP bertema gelap. Diketahui, fitur ini tidak hanya membuat layar lebih nyaman untuk aktivitas membaca.

Namun, dark mode banyak disebut juga mampu menghemat pemakaian daya. Oleh karena itu,  dengan mengaktifkan fitur ini, baterai HP Anda akan menjadi lebih awet seharian.

4. Matikan Fitur GPS

Selain AOD, ternayta masih terdapat sejumlah fitur lainnya yang dapat Anda sesuaikan pemakaiannya supaya baterai HP tetap awet, lho.

Salah satunya Global Positioning System (GPS), fitur ini umum digunakan sebagai navigasi dan  mencari lokasi. Adapun dalam penggunaannya, fitur GPS erat hubungannya dengan Google Mapas dan membagikan lokasi terkini.

Apabila sedang tidak dibutuhkan, maka ada baiknya sesuaikan lagi pemakaian fitur ini, ya. Hal ini karena GPS akan turut mengonsumsi daya baterai hingga ketersediaan koneksi internet.

BACA JUGA: Harga 1 Jutaan Layar Luas, Begini Spesifikasi HP POCO C40 Murah Tapi Bukan Murahan

5. Batasi Pemakaian Aplikasi yang Boros Baterai

Tahukah Anda bahwa khusus aplikasi yang diduga mengonsumsi banyak daya baterai, maka Anda perlu membatasi pemakaiannya.

Kurangi juga sejumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background. Karena, meskipun kelihatannya tidak berjalan.

Namun jenis aplikasi ini masih ikut mengonsumsi daya baterai. Hal ini bisa Anda cek dengan membuka pengaturan, kemudian cari opsi Battery Usage atau baterai, ya.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digunakan Sama Sekali yang Ampuh, Bisa Coba Sendiri

6. Jangan Asal Mengecas HP supaya Baterai Tetap Awet

Tahukah Anda bahwa baterai HP bisa awet apabila tidak dicas asal-asalan, lho. Memang tidak salah, apabila hingga kini masih banyak penguna yang mengecas HP hingga terlalu lama.

Di sisi lain, kerap juga ditemui pengguna yang membiarkan daya baterai habis hingga HP mati sendiri. Nah sebaiknya, lakukan pengisian ulang daya baterai dengan lebih bijak.

Lepas charger saat daya mencapai 80 persen, kemudian isi ulang daya saat kondisi baterai mendekati 20 persen. Demikian ulasan mengenai tips supaya baterai HP tetap awet seharian. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: