Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digunakan Sama Sekali yang Ampuh, Bisa Coba Sendiri

Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digunakan Sama Sekali yang Ampuh, Bisa Coba Sendiri

Tips Ampuh Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digunakan Sama Sekali--

RADAR TEGAL – Layar HP merupakan bagian terpenting dalam gawai yang Anda miliki. Berikut ini tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan sama sekali yang wajib Anda simak.

Menggunakan HP layar sentuh atau touchscreen, tentu keberadaan layar sangat penting artinya. Karenanya mengetahui tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan sama sekali juga penting.

Lalu, apa saja tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan sama sekali yang ampuh? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Karena di dalamnya akan mengulas tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan sama sekali yang ampuh. Harapannya itu akan berguna saat layar kita bermasalah. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Jadi HP Murah dengan Kualitas Mumpuni, Intip Harga dan Spesifikasi Itel P55 5G

Tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan

Sebelum mengetahui tips mengatasi layar HP tidak bisa digunakan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab layar sentuh pada HP Anda tidak berfungsi. Tahukah Anda bahwa layar sentuh pada HP Anda tidak bisa digunakan karena beberapa faktor. Seperti layar timpa benda berat, kondisi HP basah, hingga masalah pada screen protector.

1. Bersihkan Layar dan Screen Protector

Apabila layar Anda tidak bisa digunakan maka bisa saja terjadi masalah layar kotor atau screen protector rusak. Screen protector merupakan lapisan pelindung layar yang sering digunakan dalam mencegah layar tergores atau pecah.

Keadaan screen protector yang kotor, basah, atau terlalu panas dapat membuat layar pada HP Anda tidak bisa membaca peirntah dari sentuhan Anda. Apabila hal ini terjadi, maka segera lepaskan lapisan pelindung dari perangkat Anda.

Kemudian, bersihkan layar menggunakan kain microfiber kering secara menyeluruh.

BACA JUGA: Nokia Lumia Max 5G 2023: HP Premium Mirip iPHone, Ini Spesifikasi dan Harganya

2. Restart Ponsel

Dengan cara ini, Anda bisa gunakan apabila masalah muncul karena sistem. Untuk ponsel Samsung, Anda bisa melakukan restart dengan cara menkan dan menahan tombol volume turun dan tombol daya atau tombol samping secara bersamaan selama 10 detik.

Selanjutnya, hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol daya hingga layar menyala.

3. Keringkan Ponsel

Cara berikutnya yang bisa Anda coba apabila kerusakan terjadi karena ponsel basah yakni dengan mengeringkan secara menyeluruh sebelum air merusak mesin atau sistem dalam perangkat Anda.  Gunakan handuk untuk bisa menyerap air berlebih dan keringkan menggunakan silica gel.

Kemudian, berdirikan ponsel Anda supaya air dapat keluar melalui port USB dan biarkan mengering selama seharian sebelum mulai Anda gunakan kembali, ya.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak HP, Nomor 4 Jarang Disadari

4. Perbaiki Koneksi Digitizer

Apabila layar ponsel Anda tidak bisa digunakan setelah jatuh, maka bisa jadi bagian digitizernya rusak atau terlepas. Hal ini akan membuat Anda harus memperbaiki koneksi digizer dengan layar.

Jadi, jangan khawatir karena terdapat cara untuk memperbaiki koneksi digitizer yang ternyata cukup mudah. Anda bisa mengetuk tiap sudut layar secara perlahan. Setelah beberapa saat, umumnya layar bisa kembali lagi untuk  Anda gunakan.

Namun, apabila layar HP Anda tidak kunjung berfungsi normal. Maka Anda harus membongkar ponsel untuk bisa menyambungkan kembali digitizer secara manual.

5. Cabut SIM Card

Tahukah Anda bahwa layar ponsel juga bisa mengalami kerusakan karena masalah pada kartu SIM, kartu memori, atau perangkat USB yang kurang baik. Apabila hal ini terjadi pada ponsel Anda, maka Anda hanya perlu melepaskan kartu atau perangkat tersebut terlebih dahulu dari ponsel Anda.

BACA JUGA: Harga 3 Jutaan Kamera 48 MP, Inilah Spesifikasi HP POCO X5 5G Terbaru 2024 yang Wajib Diketahui

Pastikan Anda untuk mematikan ponsel terlebih dahulu sebelum mencabut dan memasangnya kembali.

6. Gunakan Safe Mode untuk Ponsel Android

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan safe mode aman untuk ponsel Android. Hal ini dilakukan apbila kerusakan layar terjadi karena aplikasi atau progam yang terdapat di di dalam ponsel.

Adapun untuk memasuki mode aman, Anda bisa matikan ponsel dan nayalkan kembali dengan menekan tombol daya. Ketika ikon ponsel muncul, tahan tombol volume bawah. Apabila berhasil,  perangkat Anda akan kembali menampilkan layar utama dan tulisan mode safe mode di pojok kiri bawah.

Apabila layar kembali berfungsi ketika Anda gunakan dalam mode aman, amaka segera hapus aplikasi yang baru saja Anda unduh, ya.

BACA JUGA: 5 Kamera HP Samsung Paling Jernih, Kualitasnya Tak Kalah Cling dengan Boba iPhone

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh sama sekali. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: