Jelang Tahun Baru, Ternyata Harga Sembako di Kabupaten Tegal Terpantau Segini

Jelang Tahun Baru, Ternyata Harga Sembako di Kabupaten Tegal Terpantau Segini

Pantauan harga sembako di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Menjelang perayaan Tahun Baru 2023, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal melakukan pantauan harga sembako di sejumlah pasar. Hasilnya, sejumlah harga relatif stabil dan tidak ada lonjakan yang berarti.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Pedagangan Rudi Imam Kurniawan melalui Kabid Pengembangan Pedagangan, Suprapto menyatakan pantauan harga dan ketersediaan stok pangan atau sembako dilakukan dipasar modern dan tradisional. Itu, terus dilakukan sebelum natal dan terus menjelang pergantian tahun.

"Untuk sidak pantauan harga dan ketersediaan stok sembako kami lakukan di beberapa pasar modern. Seperti Lotte, Baza, Yogya Mall, dan MC,"katanya.

Menurut Suprapto, dari hasil sidak semua harga sembako terpantau stabil. Adapun kondisi stok juga masih mencukupi. 

BACA JUGA:Harga Sembako Tak Kunjung Turun, Warga Tegal Bersyukur Ada Pasar Murah

"Dari sidak tersebut tim juga tidak menemukan kemasan kadaluwarsa. Yang tetap dipasarkan pengelola pasar modern,"jelasnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan di tiga pasar tradisonal seperti Trayeman, Bajaran, dan Pepedan harga beras juga cenderung stabil. Untuk kelas medium dijual dengan harga Rp13.000 per kilogram dan premiun sebesar Rp 14.000 per kilogram. 

"Begitu juga dengan ayam ras yang terjual dengan harga Rp 36.000 perkilogram, dan untuk telur ayam negeri terpantau stabil diangkaRp 26.000 perkilogramnya,"cetusnya.

Selanjutnya, ujar Suprapto, untuk harga cabai merah kriting di tiga pasar tradisional dibandrol Rp65.000 per kilogram. Cabe rawit merah masih tinggi iangka Rp 83.000. 

BACA JUGA:Disubsidi Rp58.000, Pasar Murah Paket Sembako di Desa Tanah Baya, Pemalang Diserbu Warga

"Hal ini disebabkan musim yang kurang bagus, sehingga di sebagian daerah pemasok mengalami gagal panen. Untuk bawang merah saat ini dipasaran Rp34.667 per kilogram,"ungkapnya. 

Sementara itu, harga sembako dan kebutuhan pokok tersebut diprediksi akan stabil. Hingga momentum pergantian tahun mendatang. (*)

Sumber: