Surat Suara Pemilu 2024 Terlalu Lebar, Pemilih Mengaku Kesusahan saat Mencoblos

 Surat Suara Pemilu 2024 Terlalu Lebar, Pemilih Mengaku Kesusahan saat Mencoblos

KOTAK - Pemilih memasukkan lima surat suara Pemilu 2024 ke dalam kotak suara sesuai jenisnya didampingi anggota KPPS, Selasa 26 Desember 2023.-SYAMSUL FALAQ-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Surat suara Pemilu 2024 dianggap terlalu lebar. Akibatnya, pemilih mengaku kesusahan saat hendak mencoblos calon pilihannya.

Hal ini terungkap saat simulasi pencoblosan dilakukan di di Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes, Selasa 26 Desember 2023. Dalam simulasi tersebut, surat suara Pemilu 2024 dianggap terlalu lebar dan jumlahnya ada 5.

Seperti diungkapkan Heru, 38, salah satu pemilih yang merupakan warga Kelurahan Pasarbatang. Dia melakukan simulasi menggunakan hak pilihnya dengan surat suara Pemilu 2024 di TPS 25.

Menurutnya, simulasi pencoblosan hari H Pemilu presiden dan wakil presiden serta calon legislatif sangat membantu. Sebab, agar semua pemilih lebih memahami mekanisme dan tata cara menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan surat suara Pemilu 2024.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di Kota Tegal, 2 Kontainer Dikawal Ketat

"Secara menyeluruh, simulasi pencoblosan sudah bagus dan bisa menjadi gambaran masyarakat yang punya hak pilih. Tapi, kendalanya kertas surat suara terlalu lebar dan jumlahnya ada lima. Jadi agak susah memilih dan mencoblos pilihan," ungkapnya kepada awak media.

Selain kertas surat suara Pemilu 2024 terlalu lebar, lanjut Heru, pengawasan KPPS saat pemilih mencoblos dalam tobong perlu dievaluasi. Sebab, masih terbukanya bagian belakang bilik suara berpotensi masyarakat mengintip saat pemilih menggunakan hak pilihnya. 

Terlebih, ukuran surat suara Pemilu 2024 yang besar ada empat yakni DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Brebes.

Heru sendiri merupakan bagian dari 256 pemilih yang mengikuti simulasi di Lapangan Islamic Centre Brebes. Tempat itu menjadi lokasi Tempat Pemungutan Suara 25 Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes. 

BACA JUGA:655.459 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kota Tegal

Proses pendaftaran pemilih juga terkendala

Selain soal surat suara Pemilu 2023 yang terlalu lebar, proses pendaftaran pemilih juga masih menjadi kendala. Hal itu, terungkap berdasarkan evaluasi pemungutan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Brebes tersebut.

Berdasarkan pantauan Radar Tegal, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 25 mulai melayani ratusan pemilih pukul 07.15 WIB. Bahkan, setiap pemilih yang hadir langsung diarahkan untuk daftar dan menunggu panggilan KPPS. 

Sumber: