655.459 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kota Tegal

655.459 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kota Tegal

Logistik Berupa Surat Suara Pemilu 2024 tiba di gudang KPU Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Ratusan ribu lembar surat suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024 mendatang telah tiba di KPU Kota Tegal, Kamis 21 Desember 2023 pagi. Selanjutnya, logistik Pemilu tersebut disimpan di 2 gudang yang lokasinya berbeda.

Logistik berupa surat suara Pemilu 2024 tersebut untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sementara untuk Pilpres dan DPD masih dalam proses cetak.

Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni mengatakan, setelah tiba dengan menggunakan 2 kontainer, surat suara Pemilu 2024 itu selanjutnya disimpan di gudang. Yakni di Jalan Jeruk Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat dan Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur.

Menurut Elvy, jumlah surat suara Pemilu 2024 yang datang sebanyak 655.459 lembar. Terdiri dari untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota. 

BACA JUGA:KPU Kabupaten Tegal Terima Logistik Pemilu 2024, Surat Suara Pilpres Belum Datang

"Hari ini, kita menerima kiriman surat suara. Dengan jumlah total sebanyak 655.459 lembar surat suara,"katanya.

Elvy mengungkapkan, sebelum disimpan di gudang, pihaknya melakukan pemeriksaan terlebih dulu. Untuk membedakannya, terdapat 3 jenis dus yang bertumpuk-tumpuk.

"Yaitu dus dengan label kertas warna kuning, label kertas warna hijau muda dan label kertas warna biru muda. Itu, ntuk membedakan setiap surat suara,"ujarnya.

Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Tegal Nur Aliah Saparida mengungkapkan, pihaknya melakukan pengawasan selama penyimpanan logistik tersebut. Itu, memastikan terkait dengan jumlah surat suara yang telah tiba.

BACA JUGA:Guys, di Pemilu Serentak 2024 Nanti Ada 5 Surat Suara yang Harus di Coblos

Menurutnya, surat suara Pemilu 2024 yang datang jumlahnya sesuai dengan daftar pemilih. Serta harus ada penambahan 2 persen dari DPT yang ditetapkan.

"Kita juga melakukan pemeriksaan atau cek sampling jumlah setiap dusnya. Sehingga jumlah yang ada sesuai dengan yang dibutuhkan, tidak kekurangan," ujar Nur Aliah.

Nur Aliah menambahkan, selanjutnya pihak Bawaslu akan melakukan pengawasan pelipatan surat suara. Namun menunggu Rapat Pleno. 

Demikian informasi terkait kedatangan surat suara Pemilu 2024 di Kota Tegal. Logistik tersebut, saat ini disimpan di gudang KPU. (*)

Sumber: