Harga Cabai dan Bawang di Brebes Turun Jelang Nataru, Ternyata Ini Penyebabnya

Harga Cabai dan Bawang di Brebes Turun Jelang Nataru, Ternyata Ini Penyebabnya

MELIMPAH - Pasokan melimpah menjadi penyebab turunnya harga cabai dan bawang menjelang libur Nataru.-SYAMSUL FALAQ-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Harga cabai dan bawang di Brebes mengalami penurunan menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Harga kedua komoditas tersebut cenderung turun. 

Tidak hanya harga cabai dan bawang, hampir semua harga jenis bumbu dapur juga turun mengikuti landainya harga daging dan telur ayam. Hal itu, terungkap berdasarkan pantauan lapangan Radar Tegal di Pasar Induk Brebes, Rabu 20 Desember 2023.

Penurunan harga cabai dan bawang terjadi sejak dua pekan terakhir. Harga komoditas bumbu dapur cenderung turun seiring lancarnya pasokan.

Seperti diungkapkan Rondiah, 48, pedagang bumbu dapur di Pasar Induk Brebes. Menurutnya, harga cabai dan bawang serta komoditas bumbu dapur berangsur turun. 

BACA JUGA:Harga Tinggi, Petani Cabai Setan di Brebes Kebanjiran Untung

Seperti cabai rawit merah yang semula sempat Rp100 ribu per kg sekarang turun menjadi Rp80 ribu per kg. Kemudian, cabai rawit hijau juga ikut turun dari Rp50 ribu per kilogram, saat ini dijual menjadi Rp30 ribu per kg.

"Turunnya harga cabai, memang bertahap sudah terjadi seminggu terakhir. Seneng juga bisa turun, karena daya beli masyarakat lebih terjangkau," ungkapnya.

Selain cabai rawit merah dan hijau, lanjut Rondiah, harga cabai merah keriting juga sekarang Rp50 ribu per kg. Padahal, pekan sebelumnya menembus Rp80 ribu per kg dan cabai besar hijau Rp50 ribu sekarang hanya Rp35 ribu per kg.

Turunnya harga cabai dan bawang merah, pun dibenarkan Masyitoh, 52, pedagang bumbu dapur lainnya di Pasar Induk Brebes. Menurutnya, saat ini harga bawang merah kualitas bagus dijual Rp30 ribu dari sebelumnya mencapai Rp37 ribu perkg. Termasuk, bawang merah sedang sekarang hanya Rp25 ribu dari sebelumnya Rp30 ribu per kg.

BACA JUGA:Sidak Pasar Legi Solo, Pj Gubernur Jateng Temukan Harga Cabai Rawit Setan Rp65 Ribu per Kg

"Penyebab turunnya harga cabai dan bawang, karena pasokan sedang banyak. Prediksinya, harga naik terjadi mendekati Natal dan Tahun Baru seiring meningkatnya konsumsi masyarakat," pungkasnya. 

Demikian informasi terkait turunnya harga cabai dan bawang di Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: