Harga Tinggi, Petani Cabai Setan di Brebes Kebanjiran Untung

Harga Tinggi, Petani Cabai Setan di Brebes Kebanjiran Untung

Kades Rungkang Untung Surodi (kiri) saat melihat tanaman cabai setan milik warganya.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Petani Cabai Setan di Desa Rungkang, Kecamatan Rungkang kebanjiran untung. Pasalnya, saat ini harga cabai setan di tingkat petani mencapai Rp120 ribu per kilogram (Kg).

Salah seorang petani di Desa Rungkang, Kecamatan Losari yakni Kasmui. Kasmui saat ditemui di lahan persawahannya oleh Kepala Desa (Kades) Rungkang Untung Surodi menyampaikan, lahan cabai setan ia tanam di lahan luas 1.000 meter persegi.

Dia menyebutkan, dari lahan tersebut total bibit yang dia tanam sebanyak 2.300 batang. "Kemarin panen pertama baru dapat 15Kg. Dan utnuk panennya itu per 5 hari sekali," ujarnya.

Dia berharap, untuk beberapa hari ke depan harga di pasaran bisa stabil. Yakni di kisaran Rp120 ribu per kilo di tingkat petani. Sehingga, dirinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Tingginya Harga Cabai Pengaruhi Inflasi di Kota Tegal Naik Bulan Ini

"Ya sebagai petani kami berharap harganya bisa stabil. Sehingga, petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal," jelasnya.

Sementara itu, Kades Rungkang Untung Surodi yang mendatangi langsung lahan Kasmui menyampaikan kalau Kasmui sendiri masuk di Kelompok Tani Semeru desa setempat. 

"Sebagai pemerintah desa, kami mengaku senang dengan ada petani cabai setan yang mampu mengelola tanamannya dengan baik. Apalagi, saat ini walau sudah musim penghujan tapi pasokan air masih minim," jelasnya.

"Dan kami berharap, harga saat ini bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan. Sehingga, petani cabai setan bisa meraup keuntungan," pungkasnya.(*)

Sumber: