Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN, Ini Kata Bupati Tegal Umi Azizah

Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN, Ini Kata Bupati Tegal Umi Azizah

Bupati Tegal menerima penghargaan dari KASN dalam Anugerah Meritokrasi--

RADAR TEGAL – Dua penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Itu, untuk kategori sistem merit dengan predikat baik dan manajemen talenta pada pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) dengan predikat sangat baik. 

Penyerahan dua penghargaan bergengsi bidang reformasi birokrasi itu dilakukan pada anugerah Meritokrasi di Yogyakarta, pekan lalu. Bupati Tegal Umi Azizah hadir secara langsung untuk menerima penghargaan tersebut.

Pada kegiatan anugerah Meritokrasi itu, KASN memberikan penghargaan kepada 34 instansi pemerintah yang berhasil meraih kategori sistem merit sangat baik dan 96 instansi pemerintah yang masuk kategori baik. Selain itu, ada 13 instansi pemerintah yang mendapatkan apresiasi karena keberhasilannya menerapkan manajemen talenta pada pengisian kursi JPT.

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto mengatakan pelaksanaan Anugerah Meritokrasi ini merupakan wujud keteguhan pihaknya. Dalam mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi. 

BACA JUGA:Konsisten Bangun Inovasi Berkelanjutan, Pemkab Tegal Raih Anugerah Pemerintah Daerah Sangat Inovatif 2023

"Pengesahan UU 20/2023 tentang Aparatur Sipil Negara telah mengubah sistem manajemen secara substansial. Karenanya, penting bagi kita untuk memastikan perubahan ini mendukung penguatan, bukan pelemahan sistem merit. 

Perubahan itu, kata Agus, termasuk mengalihkan fungsi pengawasan sistem merit dari KASN ke instansi lain. Meski demikian, pihaknya akan terus mendorong keberadaan fungsi pengawasan sistem merit yang efektif di masa depan untuk menjaga keberlanjutan meritokrasi.

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil mendapatkan predikat sangat baik dan baik. Dalam mengimplementasikan sistem merit.

“Setiap instansi pemerintah harus bisa memastikan sistem meritnya berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yang ada dan melalui digitalisasi. Terutama untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional,”terangnya.

BACA JUGA:KASAD Beri Penghargaan Kampung Pancasila, Dandim 0712/Tegal Ajak Tokmas Nobar

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan pihaknya sangat berkomitmen dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) ASN berkualitas. Serta melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahannya sudah tidak bisa ditawar.

“Komitmen kami, memberikan pelayanan publik terbaik yang memuaskan. Untuk menghadirkan itu, kuncinya terletak pada penerapan sistem merit pada manajemen ASN,”kata Umi.

Menurut Umi, tantangan birokrasi di era digital society 5.0 dan artificial intelligence ini tidaklah mudah. Pemanfaatan platform digital untuk menunjang pelayanan publik dan sistem kerja internal menjadi sebuah keniscayaan. 

"Sehingga diperlukan sumber daya ASN yang memiliki kemampuan adaptif, transformatif dan eksploratif. Melalui sistem merit ini diharapkan muncul ASN yang berintegritas dan visioner,"ujar Umi.

Sumber: