4 Tips Tidak Tejerat Pinjol untuk Mahasiswa, Nomor 2 Terkesan Mudah

4 Tips Tidak Tejerat Pinjol untuk Mahasiswa, Nomor 2 Terkesan Mudah

Empat tips tidak tejerat pinjol-Ilustrasi by aditya saputra-

Tips tidak tejerat pinjol yang kedua yang diberikan oleh Enriche adalah menyisihkan, bukan hanya sekadar menyisakan. Menyisihkan artinya mengalokasikan sejumlah uang dari pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan demi mencapai tujuan keuangan. 

Sementara menyisakan adalah sejumlah uang yang disisihkan untuk biaya kebutuhan hidup setelah dikurangi tabungan atau investasi.

Dengan menyisihkan, kamu dapat lebih disiplin dalam mengelola keuangan dan memiliki cadangan dana untuk kebutuhan mendesak, sehingga tidak tergoda untuk mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA:OJK Resmi turunkan Bunga Pinjol Per Hari, Pinjam Uang Hari Ini Bayar sampai Tahun Depan

3. Jangan gali lubang tutup lubang

Tips tidak tejerat pinjol yang ketiga. Enriche menekankan bahwa mahasiswa perlu berhati-hati jika sudah terlanjur memiliki utang di pinjol. Sebaliknya, fokuslah untuk membayar utang yang sudah ada, tanpa mencari uang tambahan dari pinjol lainnya.

Terjebak dalam siklus utang ini hanya akan membuat masalah keuangan semakin rumit. Oleh karena itu, utamakan untuk melunasi utang dan hindari menambah beban keuangan dengan mengajukan pinjol baru.

4. Kenali bentuk pinjaman

Tips tidak tejerat pinjol yang terakhir, penting untuk benar-benar memahami bentuk pinjaman yang akan kamu ambil.

Meskipun pinjaman online dapat memberikan bantuan keuangan, namun sayangnya, banyak pinjol ilegal yang merugikan masyarakat dengan bunga tinggi dan sistem penagihan yang tidak sesuai prosedur OJK. 

BACA JUGA:Penyebab Maraknya Pinjol Ilegal di Lingkungan Masyarakat, Ternyata Ini Akar Masalahnya

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan dengan seksama. Pilihlah pinjol yang legal dan terpercaya agar tidak terjerat dalam masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Sumber: