7 Rekomendasi Makanan Khas Tegal yang Terkenal Paling Enak, Nomor 4 Tak Ada di Daerah Lain

7 Rekomendasi Makanan Khas Tegal yang Terkenal Paling Enak, Nomor 4 Tak Ada di Daerah Lain

Rekomendasi Makanan Khas Tegal yang Terkenal Paling Enak dan Wajib Kamu Coba-googlemaps/andreas-googlemaps/andreas

RADAR TEGAL – Rekomendasi makanan khas Tegal ini wajib kamu ketahui sebelum mengunjungi Tegal. Apalagi Tegal yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak makanan khas yang menarik dan terkenal enak.

Dengan mengetahui rekomendasi makanan khas Tegal ini, kamu bisa menyiapkan rencana liburan ke Tegal yang lebih efektif untuk menikmati berbagai kuliner disana. Tegal sendiri selain terkenal sebagai kota kuliner juga terkenal sebagai kota marinir karena pernah menjadi cikal bakar Korps Marinir.

Uniknya perlu kamu tahu, rekomendasi makanan khas Tegal ini terkadang banyak disamakan dengan kuliner dari Kota Brebes. Karena memang Tegal dan Brebes berdekatan, tapi sebenarnya kuliner antara kedua Kota ini cukup berbeda.

Agar lebih jelas, simak berikut ini rekomendasi makanan khas Tegal yang bisa kamu coba :

1. Rujak Teplak

Rujak ini dibuat dari berbagai sayuran yang direbus, seperti kangkung, daun lemayung, daun papaya, dan sayuran lainnya. Makanan khas Tegal ini ditandai dengan tambahan sambal gaul yang terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas.

BACA JUGA: Kulineran Sore di Jl. Raya Penarukan Tegal, Nikmati Aneka Jajanan Tradisional Murah Meriah

2. Kupat Glabed

Kupat glabed adalah salah satu makanan khas Tegal yang tidak boleh kamu lewatkan, karena selain memiliki nama yang unik makanan ini hanya dapat ditemui di Tegal. Satu porsi kupat glabed terdiri dari potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal, kerupuk mie kuning, dan siraman kuah santan kental di atasnya.

Biasanya kupat glabed juga disajikan dengan telur rebus, daging ayam, atau berbagai jenis sate seperti sate ayam, sate kikil, atau sate kerang. Uniknya lagi, kamu bisa memilih lauk sesuai selera, pastinya dengan rasa gurih kuah kupat glabed ini dipadukan dengan berbagai lauk membuat kuliner ini sangat enak.

3. Sate Blengong

Sate blegong adalah sate yang terbuat dari daging hasil persilangan antara bebek dan mentok, sebelum dipanggang, sate blegong ini biasanya dibumbui dengan bumbu oles pedas. Tekstur sate yang kenyal biasanya dipadukan dengan kuah kental kupat glabed, membuatnya semakin istimewa.

4. Glotak

Glotak adalah hidangan yang menggunakan gembus sebagai bahan utama, yaitu semacam oncom, dimasak bersama dengan berbagai bumbu untuk menghasilkan cita rasa lezat. Nama "glotak" berasal dari suara "glotak-glotak" yang muncul selama proses memasaknya.

BACA JUGA: Resep Tahu Aci Khas Tegal, Kuliner Legend Kebanggaan Wong Tegal Cocok Dijadikan Ide Bisnis Jualan

Glotak biasanya diberi tambahan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi untuk menambah kelezatannya. Kadang-kadang glotak juga diperkaya dengan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya.

5. Soto Tauco

Satu mangkuk sauto Tegal memiliki cita rasa unik dengan perpaduan manis, gurih, asam, dan asin yang lezat. Soto khas Tegal ini berisi daging ayam yang disuwir, irisan babat, tauge, serta brambang goreng dan tauco.

6. Nasi Bogana

Dalam nasi bogana, terdapat nasi gurih, ayam kari suwir, oseng kacang panjang, serundeng, serta irisan tahu dan tempe bacem. Nasi bogana juga disajikan dengan tambahan sambal khas yang semakin memperkaya rasa dari Nasi Bogana.

7. Olos

Saat dilihat sekilas, olos mirip dengan cimol, olos terbuat dari campuran tepung terigu, aci, kol, cabai rawit, dan bumbu lainnya. Setiap bola olos biasanya berisi cabai rawit atau sayuran, namun sekarang penjual olos semakin mengkreasikan variasi olos dengan isian lain seperti ayam, sosis, hingga keju.

BACA JUGA: Bikin Bangga 7 Kuliner Asli Tegal Ini Jadi Favorit Banyak Orang, Nomor 5 Banyak Disebut dari Cirebon

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Tegal yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Tegal. (*)

Sumber: