Kerap Memicu Banjir, Sungai Pepedan Kabupaten Tegal Dibersihkan Prajurit Kodim Tegal

Kerap Memicu Banjir, Sungai Pepedan Kabupaten Tegal Dibersihkan Prajurit Kodim Tegal

BERSIH-BERSIH - Sejumlah prajurit Kodim 0712 Tegal membersihkan Sungai Pepedan di Desa Pepedan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Jumat 8 Desember 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kerap memicu banjir, Sungai Pepedan Kabupaten Tegal akhirnya dibersihkan para prajurit Kodim 0712 Tegal. Mereka menggelar kerja bakti dengan membersihkan saluran sungai tersebut, Jumat 8 Desember 2023.

Atas kerja bakti membersihkan Sungai Pepedan Kabupaten Tegal, Kepala Desa Pepedan Heri mengucapkan terima kasih kepada para prajurit yang membantu pencegahan bencana di wilayah desanya.

“Apa yang dilakukan prajurit Kodim hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua," ucapnya singkat. 

Dalam kegiatan pembersihan saluran Sungai Pepedan Kabupaten Tegal, Kodim menggandeng Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Kabupaten Tegal serta siswa pramuka SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Termasuk juga masyarakat desa setempat.

BACA JUGA:Alami Pendangkalan, 4 Sungai Besar di Pantura Kabupaten Tegal Harus Dinormalisasi

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman melalui Pasi Teritorial Kapten Inf Shokib Setyadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih saluran Sungai Pepedan Kabupaten Tegal ini merupakan upaya untuk memitigasi bencana seiring memasuki musim hujan.

Dirinya tidak menampik, Sungai Pepedan Kabupaten Tegal itu memang kerap meluap setiap turun hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, rumah penduduk digenangi banjir.

Ketika banjir, tentu merugikan masyarakat karena mereka tidak bisa beraktifitas. Selain itu, juga menimbulkan wabah penyakit demam berdarah.

"Sebelum itu terjadi, kita melakukan mitigasi bencana ini. Supaya masyarakat terhindar dari marabahaya," kata Kapten Shokib.

BACA JUGA:Sempat Tergerus Banjir, Perbaikan Jembatan Sungai Kemiri Kabupaten Tegal Menuai Pujian

Menurutnya, mitigasi itu tidak hanya membersihkan Sungai Pepedan Kabupaten Tegal yang tersumbat sampah. Akan tetapi, prajurit Kodim juga menanam 16 ribu pohon di hutan Gunung Slamet Dukuh Sawangan Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa, baru-baru ini. Tujuan penanaman itu untuk mencegah terjadinya longsor maupun banjir bandang.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Sumber: