Mageri Segoro, Destinasi Wisata Pantai Larangan Dibersihkan Satpolairud dan Relawan

Mageri Segoro, Destinasi Wisata Pantai Larangan Dibersihkan Satpolairud dan Relawan

DESTINASI WISATA - Aksi Mageri Segoro dilakukan Polairud Polres Tegal beserta elemen terkait di Pantai Larangan, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tegal.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tegal, Pantai Larangan, Sabtu 25 November 2023 dibersihkan sejumlah relawan, paguyuban dan instansi terkait bersama Polairud Polres Tegal. Aksi bersih-bersih yang dirangkum dalam kegiatan Mageri Segoro ini digelar dalam rangkaian HUT Polairud yang ke-73.

Satpolairud Polres Tegal menggandeng instansi terkait dari Kodim 0712/ Tegal, Lanal Tegal, Satrad 214/ Tegal. KSOP Tegal Wilayah Kerja Larangan dan DKP Wilayah Barat untuk membersihkan destinasi wisata tersebut.

Selain mereka, ada kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Larangan, camat, kapolsek Pesisir Polres Tegal (Kramat, Suradadi dan Warureja), kepala Desa Munjungagung. Para tokoh lokal, pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), paguyuban nelayan dan relawan SAR Arvanat Tegal hadir bersama-sama membersihkan sampah di destinasi wisata Pantai Larangan.

Muhammad Kardi, salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di destinasi wisata Pantai Larangan menyatakan pihaknya mendukung sekali kegiatan Polri dalam menjaga lingkungan pantai tersebut.

BACA JUGA:Guci Forest Jadi Destinasi Wisata Alam Tegal yang Wajib Dikunjungi, Nikmati Berkemah dengan Vibes Sejuk

"Karena sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk sadar, peka maupun peduli sehingga Pantai Larangan tetap terjaga keindahannya," terangnya.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasatpolairud AKP Siswanto SAg menyatakan bahwa Pantai Larangan menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga di Kabupaten Tegal yang menyajikan keindahan pantai di Desa Munjungagung. 

Sayangnya, adanya pengunjung yang memilki kebiasaan buruk berupa membuang sampah sembarangan, dapat mengurangi pesona indahnya Pantai Larangan sebagai destinasi wisata.

Kegiatan bersih-bersih destinasi wisata pantai sendiri dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. Berupa bhakti sosial Mageri Segoro, penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai.

BACA JUGA: Pasar Weekend Prepil Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Tegal, Patung T-Rex Curi Perhatian

"Ini sebagai tekad serta kepedulian kita menjaga kelestarian lingkungan hidup dari bahaya abrasi pantai maupun pencemaran laut dalam rangka hari ulang tahun ke-73 Polairud,"ungkapnya.

Selain itu, Satpolairud Polres Tegal juga menyiapkan 1730 bibit pohon cemara laut yang ditanam bersama-sama dalam kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah abrasi di Pantai Larangan. 

"Dengan menanam pohon cemara laut, yang sesuai dengan habitat di sekitar pesisir Pantai larangan, harapan kami dapat menjaga keseimbangan ekosistem pantai serta menjaga erosi karena memiliki akar yang kuat untuk menstabilkan tanah," tandasnya. 

Demikian informasi terkait kegiatan Mageri Segoro di destinasi wisata Pantai Larangan. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: