Bahaya Pinjol Ilegal yang Kerap Tidak Disadari Peminjamnya, Hindari Jeratan Utang Galbay Sedini Mungkin

Bahaya Pinjol Ilegal yang Kerap Tidak Disadari Peminjamnya, Hindari Jeratan Utang Galbay Sedini Mungkin

Bahaya Pinjol Ilegal--

RADAR TEGAL - Kalian berniat meminjam dana pada penyedia pinjol ada kemudahan saat meminjam. Padahal pinjol sangat menakutkan seperti halnya pisau yang memiliki dua mata.

Memang pinjaman online (pinjol) memiliki keuntungan dan kerugian yang mana jika menguntungkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang terdesak membutuhkan uang tunai pada saat itu.

Namun, kerugiannya yang tidak sedikit membahayakan masyarakat jika mereka gagal bayar ketika mendapatkan dana oleh penyedia pinjol.

BACA JUGA: Pinjaman Online OJK Bunga Ringan, Pinjamnya Mudah dan Tak Perlu Kuatir Diteror DC Lapangan

BACA JUGA: 4 Ciri Pinjol Resmi OJK Punya Debt Collector Ramah, Nasabah Jangan Takut Lagi saat Mereka Datang

Sebenarnya, masyarakat bisa memanfaatkannya secara bijak pada layanan pinjol untuk kebutuhan tertentu yang bersifat mendesak. Namun, terkadang tidak memastikan lagi.

Jika ingin berniat mengajukan pinjaman, baik melalui pinjol usahakan tidak mencapai 30% dari pendapatan nasabah.

Dilihat dari data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada bulan Juni 2023 terlihat nilai pinjaman nasabah Indonesia ke pinjol sudah mencapai Rp50,12 triliun. 

Dimudahkan pada alokasi batas aman cicilan seperti ini, sebenarnya memiliki tujuan agar kalian tidak mengalami gagal bayar atau tidak membayar terhadap hutang. 

Tips agar nasabah tidak terjerat utang pinjol

Memang dimungkinkan jika kalian meminjam lewat pinjol tersebut akan menutupi kebutuhan kalian, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa akan lebih merugikan kalian jika nasabah gagal bayar.

Apabila kalian melakukan pinjaman tidak dilakukan berhati-hati dan terlebih lagi jika menggunakan jasa pinjol ilegal akan semakin memperburuk pada potensi kalian dikemudian hari.

BACA JUGA: Bahaya Pinjol Ilegal yang Jarang Orang Ketahui, Begini Tips Mengenali dan Cara Melaporkannya ke OJK

BACA JUGA: Beberapa Bahaya Pinjol Ilegal yang Dinilai Meresahkan, Mulai dari Iming-iming Bunga Kecil Hingga DC Lapangan

Sumber: