Tips Mengecek Pinjol Legal atau Ilegal, Mudah dan Simple

Tips Mengecek Pinjol Legal atau Ilegal, Mudah dan Simple

Tips Mengecek Pinjol Ilegal atau Legal dengan cepat dan mudah (sc:pinterest)--

RADAR TEGAL - Banyak pinjaman online (pinjol) yang beredar akhir-akhir ini, mereka makin besar dengan penwaran falitasnya masing-masing. Pinjol tidak semuanya legal atu terdaftar di OJK, pinjol juga bisa ilegal. Tetapi tenang saja artikel ini akan memberi tahu tips mengecek pinjol legal atau ilegal.

Dari beberapa tips mengecek pinjol legal atau ilegal yang ada di artikel ini, mungkin bisa membantu kalian untuk memilih pinjol yang baik mana. Memang perlu untuk waspada sebelum menggunakan, jika tidak ingin menanggung resiko.

Pinjol-pinjol yang menawarkan fasilitas mereka sendiri, dibalik fasilitas tersebut pasti harus ada yang ditanggung oleh nasabah. Untuk mempertimbanngkan tanggungan tersebut pastikan kalian menggunakan tips mengecek pinjol legal atau ilegal yang tepat.

Setiap pinjol di Indonesia, wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, kalian harus memastikan legalitas penyedia pinjaman online legal (pinjol) agar tidak terjebak pinjol ilegal dengan menggunakan tips mengecek pinjol legal atau ilegal.

BACA JUGA:Harus Tahu! Begini Cara Mudah Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Mudah dilakukan tips mengecek pinjol legal atau ilegal

Sekali lagi pastikan dahulu pinjol yang akan kalian gunakan dengan mengecek pinjol tersebut, sehingga mengurangi terjadinya resiko yang buruk.

Dengan mengecek di OJK, kalian bisa mengetahui apakah aplikasi pinjaman online itu legal atau tidak. Bagaimana cara mengecek pinjol legal bisa dilakukan dengan 3 cara?

Langsung saja simak di bawah ini sampai akhir, berikut tipsnya:

1. WhatsApp OJK

Tips yang pertama, kalian bisa mengecek legalitas pinjol tersebut melalui Whatsapp resmi OJK tentunya, perhatikan langkah-langkahnya.

  • Haru simpan nomor esmi OJK berikut ini 081-157-157-157.
  • Kemudian buka aplikasi WhatsApp dan buka kontak OJK yang telah tersimpan.
  • Lalu kalian bisa langsung ketik nama pinjol yang ingin kalian cek (misalnya "pinjol.com"
  • Kemudian kirim pesan yang ingin disampaikan.
  • Terakhir bisa tunggu hingga bot selesai menelusuri dan memberikan jawaban terkait status pinjol tersebut di OJK

tips mengecek pinjol legal atau ilegal yang pertama sangat mudah dilakukan dengan aplikasi yang sudah sering kalian gunakan.

BACA JUGA:Cara Cek Pinjol Legal dan Ilegal di OJK Terbaru 2023, Jangan Sampai Salah Pilih!

2. Telepon 157 atau e-mail

Sumber: