7 Langkah Pasti Menghapus Data KTP dan Data Pribadi Dari Pinjol Ilegal, Debt Collector Auto Bingung Saat Nagih

7 Langkah Pasti Menghapus Data KTP dan Data Pribadi Dari Pinjol Ilegal, Debt Collector Auto Bingung Saat Nagih

7 Langkah Pasti Menghapus Data KTP dan Data Pribadi Dari Pinjol Ilegal, Debt Collector Auto Bingung Saat Nagih--Image By rawpixel.com on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Untuk mengajukannya anda bisa mengontak nomor layanan pelanggan yang biasanya disediakan oleh pihak penyedia pinjaman.

3.  Menghapus data pada aplikasi

Jika sudah anda pun bisa melakukan penghapusan data secara mandiri pada aplikasi pinjol yang anda gunakan untuk mendapatkan pinjaman.

Caranya masuk ke pengaturan>Manajemen aplikasi>cari aplikasi pinjol>scrol kebawah lalu klik tombol "hapus cache" dan "hapus data".

BACA JUGA:Bahaya Pinjol Ilegal yang Jarang Orang Ketahui, Begini Tips Mengenali dan Cara Melaporkannya ke OJK

4. Menghapus aplikasi pinjol ilegal

Lalu anda juga bisa langsung menghapus aplikasi pinjaman online ilegal yang anda pakai dari ponsel anda. Hal ini bertujuan untuk memutus kontak antara anda dan pihak penyedia pinjaman.

5. Mengganti nomor sim card

Setelah menghapus aplikasi pinjol dari ponsel anda, maka langkah selanjutnya anda bisa mengganti nomor SIM card yang anda gunakan sekarang.

Tujuannya juga masih sama dengan yang sebelumnya yakni agar pihak penyedia pinjaman online ilegal tidak dapat menghubungi anda.

6. Reset Hp

Reset Hp bertujuan untuk menyetel pengaturan ponsel anda ke pengaturan awal agar tidak ada data yang bisa di akses atau diretas.

BACA JUGA:Cara Menghindari Pinjol Ilegal 2023, Kenali Ciri-cirinya dan Lindungi Diri dari Jeratan Utang!

7. Melapor kepada OJK

Namun jika data anda tidak kunjung dihapus oleh layanan penyedia pinjaman online ilegal, maka anda bisa melaporkannya kepada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Sumber: