Resmi dari OJK! Banyaknya Kasus Pinjaman Online, Masyarakat Ternyata Memang Masih Butuh

Resmi dari OJK! Banyaknya Kasus Pinjaman Online, Masyarakat Ternyata Memang Masih Butuh

Industri pinjaman online, sebagaimana diakui oleh OJK, memang memiliki peran yang signifikan dalam memberikan alternatif pembiayaan kepada masyarakat.-radartegal.disway.id-

Meskipun terdapat penindakan terhadap pinjol ilegal, tetapi OJK menyadari bahwa solusi jangka panjang bukanlah dengan melarang pinjol secara keseluruhan.

"Peran OJK tidak hanya sebatas melarang, tetapi juga melindungi masyarakat yang menggunakan layanan pinjaman online legal. Kita harus menciptakan ekosistem yang sehat bagi pengguna layanan pinjol," tambah Siregar.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Aplikasi Pinjol Legal Bunga Rendah, Nyaman di Awal Tapi Bisa Rungkad di Akhir

Solusi pinjaman online

OJK memahami bahwa penghentian entitas keuangan ilegal, termasuk pinjol ilegal, bukanlah akhir dari permasalahan ini. 

Sebagai gantinya, langkah-langkah preventif perlu diterapkan untuk memastikan kelangsungan industri pinjol yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

1. Edukasi masyarakat

Salah satu langkah yang diambil oleh OJK adalah meningkatkan edukasi kepada masyarakat. Semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat, semakin minim kemungkinan mereka akan terjebak dalam praktik keuangan ilegal. 

Dengan pemahaman yang baik, masyarakat dapat membedakan antara pinjol legal dan ilegal, serta memahami risiko yang mungkin timbul.

BACA JUGA:Aplikasi Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar? Pahami Risikonya dan Begini Cara Menghindarinya

2. Regulasi yang tepat

OJK juga terus mengembangkan regulasi yang mendukung inovasi di sektor pinjol. Ini tidak hanya mencakup penindakan terhadap pinjol ilegal, tetapi juga menciptakan aturan yang memberikan kepastian hukum bagi pelaku bisnis yang sah. 

Dengan demikian, industri pinjol dapat tumbuh dalam batas-batas yang dapat diawasi dan menguntungkan kedua belah pihak.

3. Keterlibatan aktif pemerintah

Selain peran OJK, keterlibatan aktif pemerintah juga diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan pinjol. 

Sumber: detik.com