Angka Kemiskinan Turun, Kabupaten Tegal Terendah ke-8 dari 35 Daerah di Jawa Tengah

Angka Kemiskinan Turun, Kabupaten Tegal Terendah ke-8 dari 35 Daerah di Jawa Tengah

BERDOA - Bupati Tegal Umi Azizah saat Gema Dzikir dan Sholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Lapangan Kantor Pemkab Tegal, Selasa 21 November 2023 malam.-Humas Pemkab Tegal-

RADAR TEGAL- Angka kemiskinan di Kabupaten Tegal dipastikan turun. Sehingga Kabupaten Tegal kini berada di posisi terendah ke-8 dari 35 daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu diungkap Bupati Tegal Umi Azizah saat Gema Dzikir dan Sholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Lapangan Kantor Pemkab Tegal, Selasa 21 November 2023 malam.

Kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal menurut Umi terus meningkat. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan angka kemiskinan penduduk Kabupaten Tegal berkurang berkurang 0,6 persen poin dari 7,9 persen di tahun 2022 lalu menjadi 7,3 persen tahun 2023 ini.

“Alhamdulillah, secara bertahap angka kemiskinan di Kabupaten Tegal berkurang menjadi 7,3 persen atau terendah ke delapan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah,” ungkap Umi.

BACA JUGA:Dua Kecamatan Dapat Bantuan Usaha 2023, Pemkab Tegal Pastikan Serius Tangani Kemiskinan

Begitu pula dengan tingkat pengangguran terbuka penduduknya yang turun 1,04 persen poin, dari semula 9,64 persen di tahun 2022 menjadi 8,6 persen di tahun 2023. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dalam mendukung dan menjalankan agenda pembangunan strategis dan program unggulan daerah. 

Termasuk dalam menciptakan kondusivitas wilayah, meningkatkan daya saing daerah. Imbasnya, tidak sedikit arus investasi yang masuk ke Kabupaten Tegal dan Kabupaten Tegal dikenal sebagai daerah yang ramah investasi.

Ajak berdoa untuk Palestina

Dalam kesempatan itu, Bupati Tegal sempat menyampaikan pesan damai dan duka yang mendalam untuk Palestina. Umi Azizah mengajak ribuan masyarakat Kabupaten Tegal doakan keselamatan warga Palestina dari agresi milter Israel. 

Menurutnya, Palestina adalah negara pertama yang mendukung Republik Indonesia merdeka dari penjajahan. Bahkan dukungan tersebut disampaikan satu tahun sebelum RI memproklamirkan kemerdekaannya.

BACA JUGA:Turun Menjadi 7,3 Persen, Angka Kemiskinan Kabupaten Tegal Berkurang 0,6 Persen di Tahun 2023

“Mari, kita sama-sama berzikir, berdoa, dan berselawat demi keselamatan bangsa Indonesia dan juga perjuangan bangsa Palestina melawan agresi militer Israel yang telah merebut tanah dan rumah mereka,” kata Umi saat 

Dia pun minta didoakan agar selama lima tahun masa kepemimpinannya sebagai Bupati Tegal bersama wakilnya Sabilillah Ardie yang akan berakhir tahun ini bisa menuntaskan seluruh agenda pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024 dengan baik, membawa berkah, kebahagiaan dan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap ini akan menjadi legasi baik bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal dan keberlanjutan pembangunan daerah ke depan,” ujarnya.

Sumber: